Pemudik yang Kembali ke Jakarta dan Sekitarnya Baru 54 Persen, Puncak Tertinggi Arus Balik H+4 Lebaran

- Minggu, 8 Mei 2022 | 21:45 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan 46 persen pemudik belum kembali ke Jakarta dan sekitarnya sampai H+5 lebaran atau Minggu, 8 Mei 2022. (dephub.go.id)
Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan 46 persen pemudik belum kembali ke Jakarta dan sekitarnya sampai H+5 lebaran atau Minggu, 8 Mei 2022. (dephub.go.id)

KLIKANGGARANKementerian Perhubungan mencatat, sampai hari Minggu (8/5/2022) atau lima hari setelah lebaran (H+5) pemudik yang kembali di Jakarta dan sekitarnya baru 54 persen.

Masih ada 46 persen pemudik yang berada di kampung halaman dan belum kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itulah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada masyarakat untuk tidak kembali dari mudik pada puncak mudik, tetapi setelah tanggal 8 Mei.

Baca Juga: Tim Piala Uber Menang 5-0 atas Perancis, Apa Kata Tiva dan Komang pada Laga Perdana yang Dilakoninya?

“Silahkan kembali setelah hari ini (Minggu, 8/5/2022). Masyarakat bisa merayakan lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan,” jelas Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Km 70, Minggu (8/5).

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pada H+4 atau Sabtu (7/5/2022), tercatat pergerakan kendaraan mengalami puncak tertinggi.

Baca Juga: Kembali Sampaikan Kritik Pedas Setelah Ramai Cuitan Geisz Chalifah, Habib Kribo : Dukung Anies Bahayakan NKRI!

Dari Bakauheni ke Merak, pergerakan kendaraan mencapai lebih dari 37 ribu dalam sehari. Sementara, untuk jalur tol Semarang ke Jakarta mencapai 170 ribu lebih kendaraan. Jumlah itu menjadi rekor tertinggi sepanjang pengelolaan arus mudik.

Oleh karena itu, Menhub meminta seluruh unsur terkait untuk tetap waspada dan kompak menjaga pergerakan di arus balik tetap terkendali.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X