Antisipasi Lonjakan Arus Balik Mudik Lebaran, Menhub Perintahkan Kapal Navigasi dan KPLP untuk Siaga!!

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 12:18 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek arus balik mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Sabtu (7/5/2022). (dephub.go.id)
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek arus balik mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Sabtu (7/5/2022). (dephub.go.id)

KLIKANGGARAN – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan kapal Navigasi dan KPLP (Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai) untuk siaga di titik-titik perairan yang krusial seperti di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda dan Belawan.

Menhub juga menginstruksikan kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) juga untuk bersiaga di semua titik untuk membantu jika terjadi sesuatu yang menghambat arus balik mudik lebaran melalui pelabuhan.

Instruksi kepada kapal Navigasi, KPLP dan KSOP untuk bersiaga di semua titik selama arus balik mudik lebaran 2022 diberikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau dan mengecek penanganan arus balik mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang Jawa Tengah di H+4 lebaran, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Ramai Orang 'Healing' ke Tempat Rekreasi, Bagaimana Seharusnya Menyembuhkan Diri Menurut Al-Qur'an?

“Kapal-kapal negara, Kapal navigasi dan kapal KSOP bersiaga di semua tempat titik. Apakah di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda, Belawan. Semua teman-teman di navigasi dan KSOP siap memback up apabila terjadi sesuatu,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Dalam peninjauan di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Menhub juga mengecek keberangkatan kapal KM. Dharma Kartika VII tujuan Pontianak.

Baca Juga: Apa Kata Ketua Umum PSSI setelah Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Vietnam 0-3?

Selain mengecek kapal, Menhub sekaligus melepas masyarakat yang akan melakukan arus balik mudik lebaran ke Pontianak.

“Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Pelabuhan Tanjung Mas, melepas masyarakat pada arus balik. Mereka ini akan kembali ke asalnya. Ada yang ke Pontianak sekitar 700 orang dan mereka bawa motor, mobil dan logistik,” ujar Menhub.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X