• Senin, 28 November 2022

Bawaslu Jakbar Berkomitmen Wujudkan Pemilu yang Berintegritas Bersama Alumni SKPP

- Jumat, 8 April 2022 | 06:22 WIB
Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Jakarta Barat (Dok. Istimewa)
Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Jakarta Barat (Dok. Istimewa)

KLIKANGGARAN-- Melalui kegiatan Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Jakarta Barat berkomitmen mewujudkan pemilu yang berintegritas bersama alumni sekolah kader pengawasan partisipatif (SKPP). Dalam kegiatan ini turut hadir pimpinan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Pimpinan Bawaslu Jakarta Barat serta Ketua Netfid Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Jakarta Barat, Oding Junaidi menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana mengembangkan pengawasan partisipatif kepada masyarakat dengan melibatkan peran alumni SKPP.

Lebih lanjut, Burhanuddin, Pimpinan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan perlunya peran alumni SKPP untuk berkontribusi dalam melakukan pengawasan partisipatif bersama Bawaslu.

"Kedepan kita akan memasuki tahapan verifikasi parpol. Bawaslu butuh informasi awal dan laporan dari masyarakat khususnya alumni SKPP yang sudah memahami apa itu pengawasan partisipatif secara menyeluruh," Ujar pria yang akrab disapa Burhan ini.

Baca Juga: Tanggapan SAHI atas Penghilangan Frasa Madrasah dalam RUU Sisdiknas

Kegiatan ini juga diisi oleh pemaparan materi oleh narasumber, Ketua Netfid Indonesia, Dahliah Umar. Dahliah menyampaikan mengenai pengawasan dan pemantauan pemilu. "Kecurangan dalam pemilu harus dipahami dan dideteksi lebih awal agar meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu yang lebih bervariasi," Ujar Alumni The University of Nottingham ini.

Diakhir sesi kegiatan, Bawaslu Jakarta Barat bersama Alumni SKPP membentuk Koalisi Bersama Masyarakat Pengawas Pemilu (Kobra Pemilu) sebagai wadah komunikasi dan koordinasi alumni SKPP diwilayah Jakarta Barat dalam mengawal Pemilu dan Pemilihan 2024.***

Ditulis oleh Melia, Alumni Sekolah Literasi Bawaslu Provinsi DKI Jakarta tahun 2021 sekaligus Staf Bawaslu Jakarta Barat

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru Amin: Ulama Betawi dan Pejuang Kemerdekaan

Minggu, 25 September 2022 | 16:07 WIB

CPM: TNI Solid, Effendi Simbolon Harus Meminta Maaf

Rabu, 14 September 2022 | 11:16 WIB
X