• Selasa, 28 Juni 2022

Masyarakat Olak Besar Ikuti Praktik Pembuatan Sabun Serai Wangi di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas

- Kamis, 31 Maret 2022 | 14:29 WIB


KLIKANGGARAN -- Sebagai tahapan budidaya dan pengembangan usaha, pada Sabtu 26 Maret 2022 masyarakat Olak Besar mengikuti praktik pembuatan sabun serai wangi di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Rangkaian pelatihan tersebut diantaranya cara penyulingan minyak serai wangi dan pembuatan sabun menggunakan serai wangi yang telah diekstraksi.

Pelatihan ini merupakan bekal pengetahuan awal kepada KUPS sebelum nantinya melakukan budidaya serai wangi.

“Direncanakan budidaya akan dimulai pada Mei akan datang dan pemanen pertama diharapkan pada bulan November. Selanjutnya akan diolah serai wangi menjadi citronella oil atau minyak atsiri dari serai wangi. Di samping memproduksi citronella oil ini, kami juga akan mengembangkan produk berbasis serai wangi, seperti produk untuk kebersihan tubuh, sabun mandi dan pelengkapnya. Itu salah satu produk yang kami harapkan dalam pengembangan produk usaha berbasis perhutanan sosial,” ungkap Dr. Ir. Sahrial, M.Si.

Baca Juga: Dandim 0415/Jambi Melakukan Penanaman Pohon di Tahura Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Masyarakat Olak Besar Ikuti Praktik Pembuatan Sabun Serai Wangi di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas (Dok. Annuza)

M. Zuber ketua KUPS Olak Besar mengatakan optimis budidaya dan pengembangan produk serai wangi menjadi produk unggulan dari Olak Besar.

"Kami sangat optimis karena pembudidayaan serai wangi sangat mudah dibudidayakan untuk menjadi produk unggulan. Selama ini kami belum tahu serai wangi bisa diolah, dan melalui pelatihan dan pendampingan KKI Warsi semoga menjadi produk yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat serta juga ramah lingkungan," ujarnya.

Seperti diketahui Olak Besar memiliki hutan desa dengan luasan lebih kurang 721 Hektar.

Baca Juga: Apa Kata Ketua DPRD dan Kapolda Jambi Terkait Wacana Gerakan Sungai Batanghari Bersih Tahun 2022?

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X