• Kamis, 8 Desember 2022

Sekda Batang Hari Buka Kegiatan Perkemahan Jamran di Kecamatan Mersam

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 08:34 WIB
Sekda Batang Hari Buka Kegiatan Perkemahan Jamran di Kecamatan Mersam (Anuza)
Sekda Batang Hari Buka Kegiatan Perkemahan Jamran di Kecamatan Mersam (Anuza)

KLIKANGGARAN -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang Hari, M. Azan, Jumat (18/02/2022) secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Jambore Ranting (Jamran) Pesta Penggalang Kwatir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Mersam, Kabupaten Batang Hari yang akan diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 20 Februari 2022, di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren As Sulthon.

M. Azan, Sekda Batang Hari yang dalam hal ini merupakan Ketua Kwatir Cabang (Ka-Kwarcab) Batang Hari, dalam kata sambutannya mengatakan, Jambore ranting merupakan pesta Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk meningkatkan kepribadian yang baik dan Jambore bertujuan agar peserta didik memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengalaman sesuai yang tertulis dalam Dharma Pramuka dan Trisatya.

"Jambore Ranting merupakan Evaluasi bagi setiap pangkalan atas berjalan atau tidaknya kegiatan latihan rutin di pangkalan Pramuka masing-masing Gudep," sebut Azan

Azan selaku Ketua Kwarcab Batang Hari mengatakan, jika setiap Gerakan Pramuka Kwaran yang sudah melaksanakan Jambore ranting pada setiap Kecamatan masing-masing, maka selanjutnya gerakan Pramuka dari setiap Kwaran juga akan mengikuti tahapan Jambore Cabang, Jambore Daerah, hingga Jambore Nasional atau bahkan sampai Jambore Dunia dengan melalui tahapan demi tahapan.

Baca Juga: KemenPANRB: Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Bukan Lagi Kewajiban, tapi Sudah Menjadi Kebutuhan

"Karakter Bangsa Perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang kontinyu. Pendidikan baik tidak hanya  sekedar memberikan ilmu pelajaran saja kepada generasi muda, tetapi yang lebih penting adalah dapat mengubah atau membentuk karakter dan perilaku seseorang agar menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari," ujar Sekda selaku Kakwarcab.

Azan, menegaskan kepada seluruh Pembina Pramuka khusunya kepada Kwaran Mersam, sebagai mana yang sudah termasuk dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 tahun 2014 bahwa, kegiatan Kepramukaan merupakan Ekstrakurikuler yang wajib.

Kepada Kakak Pembina, Azan menyampaikan, perlu kita ingatkan kembali jika Gerakan Pramuka merupakan Organisasi yang dibentuk oleh  Pramuka untuk menyelenggarakan Pendidikan kepramukaan. Dari ketentuan tersebut diminta bijak untuk Kamabigus untuk membimbing dan membina serta membentuk peserta didiknya dengan baik.

Baca Juga: Luna Maya Tegur Keras Audya dan Sarah karena Teriak Yes di INTM, Tidak Sopan!

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X