• Minggu, 29 Mei 2022

Yuk! Kenali Potret Sejarah dan Kantor Gubernur Sumsel

- Minggu, 19 Desember 2021 | 18:55 WIB
Potret Kantor Gubernur Sumsel tempo doeloe  (Instagram/@rajakelir)
Potret Kantor Gubernur Sumsel tempo doeloe (Instagram/@rajakelir)

KLIKANGGARAN-- Baru-baru ini salah satu akun medsos Instagram @rajakelir memposting gambar kantor Gubernur Sumatera Selatan tempo dulu.

Dalam akun yang diunggah tersebut terlihat penampakan kantor Gubernur Sumsel pada tanggal 25 Agustus 1950. Akun yang banyak mengingatkan kita pada zaman tempo dulu itu, juga menyebutkan jika Kantor Gubernur Sumsel saat ini yang terletak di Jl. Kapten A. Rivai No.5, pertama kali dibangun pada tahun 1958.

Sumatera Selatan sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Dimana sejak berabad-abad yang lalu Sumatera Selatan terkenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya.

Sumatera Selatan Sejak abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi dulunya merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Baca Juga: Apa Kata Wapres K.H. Ma'ruf Amin tentang Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Keimanan bagi Orang Islam?

Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri china Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang.

Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Secara administratif Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 13 Pemerintah Kabupaten dan 4 Pemerintah Kota, beserta perangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Jumlah desa di Sumatera Selatan sebanyak 343. Dan Jumlah kecamatan sebanyak 149 buah. Dengan jumlah penduduk sekitar 6,7 juta jiwa. Adapun hari jadi Provinsi Sumatera Selatan, yakni tanggal 15 Mei 1946.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Jawab Pertanyaan Feny Rose Soal Pekerjaan, Netizen: Buset eeeee nya Panjang Bener

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X