• Senin, 17 Januari 2022

Hakordia: Presiden Jokowi Minta UU Perampasan Aset Tindak Pidana dan TPPU Perlu Diterapkan untuk Lawan Korupsi

- Kamis, 9 Desember 2021 | 15:35 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, pada Kamis, 9 Desember 2021 (presidenri.go.id)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, pada Kamis, 9 Desember 2021 (presidenri.go.id)

KLIKANGGARANPresiden Jokowi mengungkapkan, ada dua aturan yang perlu dilakukan untuk melawan korupsi yaitu penerapan UU Perampasan Aset Tindak Pidana dan Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU.

Demikian kesimpulan yang bisa ditarik dari sambutan Presiden Jokowi ketika membuka Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021 yang ditayangkan secara virtual pada Kamis 9 Desember 2021.

Presiden Jokowi menjelaskan, untuk menyelamatkan uang negara yang diambil secara ilegal oleh para koruptor, perlu penerapan Undang-Undang Perampasan Aset Tindak Pidana.

Baca Juga: Herry Wirawan Diduga Melakukan Pencabulan terhadap Santriwati, Siapa Dia?

“Segera ditetapkannya Undang-Undang Perampasan Aset Tindak Pidana. Ini juga penting sekali dan terus kita dorong dan kita harapkan tahun depan insyaallah ini juga akan bisa selesai," kata Presiden Jokowi.

Untuk itulah Presiden Jokowi mendorong agar UU tersebut bisa diterapkan pada tahun depan atau 2022.

Menurut Presiden Jokowi, adanya aturan hukum ini akan membuat aparat penegak hukum lebih leluasa dalam melakukan tindakan hukum yang diperlukan. Seperti, merampas aset dari hasil korupsi yang dimiliki oleh para oknum yang terbukti bersalah.

Baca Juga: Pimpinan Yayasan Pesantren di Bandung Mencabuli Belasan Santrinya

"Penindakan juga sangat penting, untuk menyelamatkan uang negara dan mengembalikan kerugian negara," ujar Presiden.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Virus Varian Omicron Melonjak, Apa Kata Luhut?

Senin, 17 Januari 2022 | 14:34 WIB

Gibran dan Kaesang Dilaporkan ke KPK, Kenapa?

Senin, 10 Januari 2022 | 20:35 WIB
X