• Rabu, 29 Juni 2022

Potensi Tidak Tepat Sasaran Penyaluran Gas 3 Kg Capai Rp14,2 Miliar

- Minggu, 14 November 2021 | 09:56 WIB
Ilustrasi (Instagram/@tabunggaselpiji)
Ilustrasi (Instagram/@tabunggaselpiji)

KLIKANGGARAN-- Sejumlah daerah di Indonesia akhir-akhir ini mengeluhkan langkahnya gas 3 Kg. Salah satunya di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Gas 3 Kg merupakan gas yang disubsidi oleh pemerintah yang diperuntukkan untuk rumah tangga dan usaha mikro. Klikanggaran menghimpun, ada beberapa celah praktek curang dalam pendistribusian gas 3 Kg ini.

Salah satunya menyalahi ketentuan penyaluran gas 3 Kg, di mana subpenyalur tidak boleh menyalurkan LPG Tabung 3 Kg ke pengecer lebih dari 50% dari omzet penjualannya. Serta potensi ketidaktepatan sasaran penyaluran yang disebabkan subpenyalur tidak melakukan pencatatan penjualan dalam Logbook.

Baca Juga: Tanggapan Paus Fransiskus Atas Kerja Jurnalis Membongkar Skandal Seks Gereja

Potensi penyaluran gas 3 Kg tidak tepat sasaran ini pernah terjadi di sejumlah wilayah mulai dari MOR 1 hingga MOR VII. Angkanya pun tak main-main, yakni mencapai Rp14,2 miliar lebih nilai yang disubsidi oleh pemerintah.

Untuk diketahui, pertamina mewajibkan setiap subpenyalur (pangkalan) untuk mencatat penyaluran LPG Tabung 3 Kg dalam logbook sebagai salah satu bentuk pengendalian untuk menjamin ketepatan penyaluran kepada pihak yang berhak.

Hal tersebut juga ditegaskan melalui Memo VP Domgas Nomor 485/F20200/2015-S3 tentang Kewajiban Pengisian Logbook Pangkalan LPG 3 Kg. Logbook subpenyalur adalah buku catatan volume LPG tertentu yang ditetapkan untuk setiap pengguna LPG tertentu dan setiap pembelian LPG tertentu yang pencatatannya dilakukan oleh subpenyalur.

Baca Juga: Peretas Menembus Server Email FBI

Serta tertera pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG, pada Lampiran I Bab 2 angka 6 yang menyatakan bahwa, Subpenyalur LPG Tertentu mencatat penerimaan dan penyaluran LPG Tertentu pada Buku Catatan (Logbook) subpenyalur LPG Tertentu.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X