• Selasa, 28 Juni 2022

Tanggapan Paus Fransiskus Atas Kerja Jurnalis Membongkar Skandal Seks Gereja

- Minggu, 14 November 2021 | 08:30 WIB
Paus Fransiskus (IG/franciscus)
Paus Fransiskus (IG/franciscus)

KLIKANGGARAN--Selama akhir pekan, Paus Fransiskus meluangkan waktu untuk memuji "misi" para jurnalis. Paus pun berterima kasih kepada mereka karena telah mengungkap skandal seks gereja dan membantu agar tidak "disapu bersih."

Selama upacara hari Sabtu untuk menghormati dua koresponden yang telah lama meliput Vatikan, Paus secara langsung mendekati sejarah Gereja Katolik dengan skandal pelecehan seksual klerus.

Paus berterima kasih kepada para jurnalis atas "apa yang Anda ceritakan kepada kami tentang apa yang salah di gereja" dan untuk "suara" yang diberikan kepada para korban pelecehan.

Baca Juga: Peretas Menembus Server Email FBI

Paus Fransiskus telah membahas kejahatan dan tuduhan pelecehan seksual di dalam gereja di masa lalu, dengan mengatakan bulan lalu dia merasa “malu” atas “ketidakmampuan” gereja untuk menangani situasi dengan baik begitu lama.

Komentar Paus itu muncul setelah rilis laporan independen yang mengklaim ada lebih dari 200.000 kasus pedofilia dan pelecehan di dalam gereja sejak 1950.

Mengutip RT.com dalam artikel "Pope Francis addresses church sex scandals", skandal pelecehan seksual di dalam gereja pertama kali diungkap dalam skala luas oleh The Boston Globe dalam serangkaian cerita pada tahun 2002, yang merinci dugaan tindakan pelecehan seksual serta upaya untuk menyembunyikan tindakan tersebut dari publik.

Baca Juga: Warga Pengungsi Insiden Kebakaran Tanki di Area Kilang Cilacap Dapat Bantuan Pertamina

Pada hari Sabtu, Paus Fransiskus memiliki lebih dari sekadar pujian untuk jurnalis, karena ia juga menawarkan nasihat, mendesak wartawan zaman modern untuk mengalami hidup melalui lebih dari layar komputer.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X