• Selasa, 25 Januari 2022

Hati-Hati, Ada Pencurian Buku Nikah, Sudah Ribuan Buku Nikah Dicuri dan Dijual ke Jasa Kawin Kontrak

- Minggu, 7 November 2021 | 14:59 WIB
Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muhammad Adib (kemenag.go.id)
Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muhammad Adib (kemenag.go.id)


KLIKANGGARAN –Kementerian Agama mencatat, dalam satu bulan terakhir ribuan buku nikah di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi dicuri.

Selain di Jambi, pencurian buku nikah juga terjadi di sejumlah KUA di Yogyakarta, jumlahnya mencapai ratusan buku nikah.

Informasi adanya pencurian ribuan buku nikah tersebut diungkapkan oleh Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muhammad Adib, Jumat 5 November 2021.

Adib mengungkapkan, salah satu motif utama pencurian buku nikah adalah untuk diperjualbelikan kepada penyedia jasa kawin kontrak.

Baca Juga: Akun IG Fuji, Adik Bibi Ardiansyah, Diserbu Warganet dengan Prasangka Negatif

Untuk itulah, Kemenag meminta warga dan juga KUA yang kehilangang buku nikah untuk segera melapor ke Kementerian agama. Setelah menerima laporan kehilangan, Kemenag akan memproses buku nikah yang dicuri dan menyatakan buku nikah yang dicuri tersebut tidak sah jika digunakan.

“Laporkan ke polisi, lalu catat berapa buku nikah yang hilang berikut nomor perforasinya kemudian laporkan ke Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam. Setelah kita proses, maka buku nikah yang hilang itu dinyatakan tidak berlaku,” kata Adib, di Jakarta.

Muhammad Adib menjelaskan, Kementerian Agama akan mendata nomor perforasi Buku Nikah yang dicuri. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan Buku Nikah yang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Update Kondisi Terkini Gala, Putra Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, yang Sedang Dirawat

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X