• Sabtu, 27 November 2021

Gus Yaqut Bilang ‘Kementerian Agama Itu Hadiah untuk NU’, Anwar Abbas Pun Meradang

- Senin, 25 Oktober 2021 | 06:07 WIB
Gus Yaqut (IG/@gusyaqut)
Gus Yaqut (IG/@gusyaqut)

KLIKANGGARAN--Selang beberapa hari setelah mengisi Webinar Internasional: Santri Membangun Negeri “Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknologi” dalam kanal Youtube TVNU yang diunggah pada Rabu, 20/10, pernyataan Yaqut Cholil Quomas yang akrab dipanggil Gus Yaqut mendapat kecaman dari pelbagai pihak.

Kementerian Agama itu hadiah untuk NU, bukan untuk umat Islam secara umum, tetapi secara spesifik untuk NU,” ujar Gus Yaqut.

Pernyataan Gus Yaqut tersebut memantik polemik dan reaksi keras, salah satunya dari Anwar Abbas—tokoh Muhammadiyah yang juga Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia, dengan menyatakan bahwa dia berpendapat atas nama pribadi.

Baca Juga: Hari Tergelap Ole Gunnar sebagai Manajer di Manchester United: Man Utd Ditelan Liverpool 5-0

Dilansir Viva.co.id, Anwar mengatakan kalau seandainya cara pandang (Gus Yaqut) seperti ini tetap terus dilanjutkan dan dipertahankan, serta dibela oleh pemerintah dan partai politik yang ada di negeri ini, maka Kementerian Agama lebih baik dibubarkan saja.

Bukan tanpa alasan, Anwar berpendapat Kementerian Agama dibubarkan.

“Cara berpikir dan cara pandang seperti ini kalau kita kaitkan dengan masalah kebangsaan dan pengelolaan negara, tentu jelas sangat naif dan tidak mencerminkan akal sehat. Semestinya sebagai seorang menteri dan pemimpin umat, mereka lebih mencerminkan dan mengedepankan sikap arif serta bersikap dan bertindak sebagai negarawan.

“Tetapi, kita lihat sang menteri dan sang tokoh tersebut lebih mencerminkan sikap sebagai seorang politisi dan lebih menonjolkan ananiyah hizbiyyah-nya. Di mana mereka lebih mengedapankan kepentingan partai serta kelompoknya dan mengabaikan serta tidak memerhatikan kepentingan kelompok serta elemen umat dan masyarakat lainnya,” ujar Anwar.

Baca Juga: Kenali Sejarah Muara Enim Mulai Marga Yang Mendiami, Hingga APBD-nya Yang Besar

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: viva.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X