• Sabtu, 27 November 2021

Amil Zakat seperti BAZNAZ dan LAZ Didorong Bantu Korban Pinjol, Bagaimana Caranya ya?

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 20:50 WIB
Sekretaris Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) Fuad Nasar (kemenag.go.id)
Sekretaris Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) Fuad Nasar (kemenag.go.id)


KLIKANGGARAN – Pinjaman online atau pinjol ilegal kini sudah meresahkan masyarakat, karena sering menteror saat melakukan penagihan. Selain itu bunga yang dibebankan kepada peminjam juga sangat tinggi yang mencekik peminjamnya.

Sekretaris Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) Fuad Nasar menyatakan, praktik rente yang dilakukan pinjol ilegal sudah mengkhawatirkan. Apalagi ada kasus orang bunuh diri karena tidak mampu bayar utang pinjol ilegal karena utangnya menjadi berlipat akibat bunga yang tinggi.

Untuk membantu masyarakat korban pinjol ilegal dan praktik rente yang terjadi, Fuad Nasar mendorong organisasi pengelola zakat (amil zakat) seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk tampil ke depan membantu para korban pinjol ilegal tersebut.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka Korupsi PDPDE Sumsel Terjerat TPPU, Alex Noerdin!

Fuad menyampaikan, amil zakat harus membuka akses selebar-lebarnya kepada mustahik (penerima zakat)  yang terjerat utang dengan pertimbangan kemanusiaan dan menyelamatkan umat dari kemudaratan di depan mata.

"Strategi dakwah Islam tidak berhenti sebatas mengedukasi umat tentang bahaya riba dan lintah darat. Tetapi juga membebaskan umat yang terbelit riba dan rente. Tidak hanya memberi tahu mana yang haram dan ilegal, tapi menunjukkan mana yang halal dan legal," ujar Fuad Nasar, di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Fuad Nasar menjelaskan, kasus pinjol ilegal dan praktik rente itu ibarat puncak gunung es dari fenomena ekonomi rakyat yang sekarat akibat situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Investasi Rp226 Triliun, 12 Jalan Tol Ini Akan Hiasi Wajah Indonesia Kedepan

Karenanya, organisasi amil zakat perlu memberikan perhatian terhadap fenomena ini serta mengambil langkah untuk menjaga umat agar tidak menjadi korban rente.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X