• Minggu, 5 Desember 2021

Direktur SEEBI, Dianta Sebayang, Sampaikan Catatan Kritis untuk Pemerintahan Jokowi

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:46 WIB
Jokowi bersiap ke Jawa Timur untuk satu agenda saja yaitu melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik. (Instagram/@jokowi)
Jokowi bersiap ke Jawa Timur untuk satu agenda saja yaitu melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik. (Instagram/@jokowi)

KLIKANGGARAN-- Tanggal 20 Oktober 2021 ini bertepatan dengan 7 tahun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintah Indonesia, dan 2 tahun Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Ada sejumlah catatan yang diberikan Direktur Eksekutif Socio-Economic Educational Business Institute (SEEBI), Dianta Sebayang, yang perlu disiapkan Pemerintahan Jokowi.

Dianta Sebayang menyebut Pemerintahan Jokowi - Ma’ruf Amin perlu mengantisipasi sektor ekonomi dan pendidikan.

Selain itu, Pemerintah Jokowi - Ma'ruf Amin harus memprioritaskan dan mempersiapkan perekonomian nasional agar bersiap menghadapi kondisi pasca pandemi, dimulai dengan enrgi, ungkap Dianta, pada Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Masyarakat Tidak Makan Aspal, Apakah APBN Pro Rakyat? Kenapa Banyak Dibangun Jalan Tol?

Indonesia ke depan akan menghadapi tantangan peningkatkan kebutuhan energi nasional. Pada sisi lainnya, utang perusahaan yang telah meningkat tajam selama pandemi yang mengakibatkan akan kesulitan mendapatkan modal kerja baru.

"Terutama bagi pelaku UMKM masalah modal kerja dan kesediaan bahan baku kerja akan menjadi tantangan tersendiri, apalagi mayoritas tenaga kerja kita bekerja di sektor UMKM. Terjadi pergesaran antara pekerja formal menjadi informal, di mana sekarang lebih banyak pekerja informal,” katanya, dikutip dari kabar24.bisnis.com dalam artikel "Tujuh Tahun Pemerintahan Jokowi, SEEBI: Pekerjaan Rumah Masih Banyak".

Selain itu, pemerintah tetap perlu mengatasi masalah learning loss. Penyebabnya, laporan dari UNICEF menyatakan, bahwa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama 18 bulan terakhir, siswa mengalami ketinggalan materi sekitar 0,9 tahun dari pembelajaran mereka.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Putri Penyanyi Lawas Nia Daniaty, Olivia Nathania alias Oi

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Crowd Free Night

Selasa, 30 November 2021 | 13:37 WIB

Reuni 212 Belum Mendapat Izin dari Polri?

Selasa, 30 November 2021 | 10:52 WIB
X