• Minggu, 5 Desember 2021

Sayuti Dekan UIN STS Jambi Sebut Ada Tiga Alasan Kenapa Maulid Nabi Muhammad Saw Perlu Diperingati

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:04 WIB
Sayuti Dekan UIN STS Jambi Sebut Ada Tiga Alasan Kenapa Maulid Nabi Muhammad Saw Perlu Diperingati (Facebook Sayuti Una)
Sayuti Dekan UIN STS Jambi Sebut Ada Tiga Alasan Kenapa Maulid Nabi Muhammad Saw Perlu Diperingati (Facebook Sayuti Una)

KLIKANGGARAN -- Kenapa perlu untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw? Ada tiga alasan bagi umat Islam untuk selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw.

Ketiga alasan dasar memperingati Maulid Nabi Muhammad saw antara lain atas dasar keimanan, atas dasar pemahaman terhadap ajaran beliau, dan atas dasar pengharapan terhadap syafaat beliau.

Alasan memperingati Maulid Nabi Muhammad saw disampaikan oleh Dekan Fakultas Syari'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Dr. Sayuti, S. Ag., M. H melaui akun Facebook pribadinya @sayutiUna pada Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Denmark Open 2021, Tommy Sugiarto, Pasangan Greysia dan Apri Melaju ke Babak 16 Besar

Jebolan Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) di Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung, memaparkan alasan yang pertama, adalah atas dasar keimanan. Pada alasan ini, menurut nya pemahaman lebih lanjut tentang sepak terjang, apalagi yang bersifat pribadi beliau, tidaklah begitu penting. Karena yang terpenting adalah pengakuan terhadap kenabian dan kerasulan beliau. 

Hafal atau tidak dari keturunan mana, bangsa mana, bagaimana bentuk tubuhnya, pakaiannya, dan lainnya, bukanlah hal yang utama bagi ummat Islam. 

Tetapi pengakuan bahwa Muhammad Saw adalah Nabi dan Rasul Allah yg diperintahkan untuk membawa ajaran bagi ummat Islam, merupakan perkara ta'abbudi, yang harus diterima secara sami'na wa atho'na.

Implementasinya, dalam hal ini, dilakukan dengan mengucapkan dua pengakuan (dua kalimat syahadat) dan sekaligus meyakini secara kukuh, yakni bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

Baca Juga: Hebat, Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 Diborong Jateng

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Facebook

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
X