• Rabu, 19 Januari 2022

Hebat, Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 Diborong Jateng

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:53 WIB
Pemprov Jateng borong penghargaan Kampung Proklim (jantengprov.go.id)
Pemprov Jateng borong penghargaan Kampung Proklim (jantengprov.go.id)


KLIKANGGARAN –Pemprov Jawa Tengah kembali menerima penghargaan sebagai pembina Kampung Proklim 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan yang diterima tahun ini, adalah untuk yang kempat kalinya, sejak 2017.


Selain penghargaan pembina Kampung Proklim, dua des di Jawa Tengan juga menerima penghargaan kategori tertinggi sebagai Kampung Proklim.

Dua desa tersebut adalah Desa Sruni, Kabupaten Boyolali dan Desa Sambak Kabupaten Magelang.

“Dari Jawa Tengah hadir pula dua desa yang menerima thropy Proklim Lestari, yakni Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali dan Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Dua desa itu memperoleh penghargaan tertinggi,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jateng Widi Hartanto, seperti dikutip dari jatengprov.go.id

Baca Juga: Uji Coba PPKM Level 1 di Blitar Jatim Sukses, Apakah PPKM akan ditiadakan?

Widi menjelaskan, dua desa tersebut mendapatkan penghargaan tertinggi karena dinilai berhasil mengurangi emisi gas rumah tangga dan memerangi perubahan iklim.

Desa Sruni berhasil membuat biogas dari limbah kotoran sapi. Warga desa tersebut juga memerangi kekeringan dengan memanen air hujan.

Desa Sambak, warganya kompak membuat biogas dari limbah industri tahu rumahan.
“Desa Sruni selama lima tahun ini sudah tidak bergantung pada droping air bersih. Begitu pula Desa Sambak yang sukses menangani limbah tahu jadi energi terbarukan,” ujarnya.

Selain penghargaan pembinan Kampung Proklim dan Proklim Lestar, lima daerah di Jawa Tengah juga diganjar sebagai penerima trofi kategori Proklim Utama.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X