• Minggu, 5 Desember 2021

Di Purbalingga Sampah Dimanfaatkan untuk Sumber Pendapatan Asli Desa atau PADes. Bagaimana Caranya ya?

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 18:32 WIB
Bupati saat penyerahan sepeda motor di Desa Kedungbenda, Kemangkon, Selasa (05/10/2021) (Humas Pemkab Purbalingga)
Bupati saat penyerahan sepeda motor di Desa Kedungbenda, Kemangkon, Selasa (05/10/2021) (Humas Pemkab Purbalingga)

Purbalingga, Klikanggaran.Com -- Sampah menjadi persolaan tersendiri di Kabupaten Purbalingga, karena itulah Bupati Purbalingga Dyah Hayuning mendorong desa-desa yang memiliki bank sampah untuk bisa dimanfaatkan hingga dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Untuk memberikan semangat kepada pengelola sampah di desa, Pemkab memberikan bantuan berupa sepeda motor pengangkut sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk beberapa desa, Selasa 5 Oktober 2021.

Bupati berharap, bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah ini bisa menjadi penyemangat kepada para pengelola bank sampah untuk nantinya pengelolaannya semakin berkembang menghasilkan produk-produk hasil olahan sampah dan bisa menyumbangkan PADes.

Baca Juga: Pencemaran Nama Baik: Orang Tua Pedangdut Ayu Ting Ting, Jumat Diperiksa Polisi

Sejumlah desa yang menerima bantuan sepeda motor pengangkut sampah ini, diantaranya Desa Karangbawang Kecamatan Rembang, Desa Langkap Kecamatan Kertanegara, Desa Kabunderan Kecamatan Karanganyar, Desa Kalapacung Kecamatan Bobotsari, dan Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon.

Sebelumnya, pada Jumat (3/9) lalu juga telah diserahkan bantuan tersebut ke bank sampah di Desa Sidakangen Kecamatan Kalimanah dan Desa Prigi Kecamatan Padamara.

“Jadi yang menerima bantuan ini tidak semua desa, akan tetapi desa-desa yang berdasarkan survei DLH dinyatakan layak menerimanya karena telah melakukan pengelolaan sampah dengan baik,” ujar Bupati saat penyerahan sepeda motor di Desa Kedungbenda, Kemangkon, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Belum Siap Mental, Olivia Nathania, Anak Penyanyi Nia Danitay Tidak Hadiri Pemanggilan Polisi untuk Diperiksa

Bupati juga menyerap aspirasi dari desa, salah satunya terkait hal-hal untuk menunjang pengelolaan sampah di tingkat desa.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Ini Sejarah Panjang Letusannya

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:46 WIB

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB

Ganjar: Stop Berhenti di Situ, Jangan Diteruskan!

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:02 WIB
X