• Rabu, 19 Januari 2022

Sampah Plastik di Banyumas akan Diolah Menjadi Bahan Bakar Alternatif di Pabrik Semen

- Rabu, 8 September 2021 | 14:13 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein Tinjau Pengolahan Sampah (Nanang AN)
Bupati Banyumas Achmad Husein Tinjau Pengolahan Sampah (Nanang AN)

KLIKANGGARAN.COM -Sampah-sampah di Banyumas Jawa Tengah, terutama yang dari plastik tampaknya sebentar lagi mulai berkurang.

Hal itu terjadi karena Bupati Banyumas Achmad Husein pada 25 Agustus lalu telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan pabrik semen.

Kesepakatan bersama itu berisi tentang pemanfaatan material hasil pemilahan sampah di Kabupaten Banyumas untuk bahan bakar alternatif di Pabrik Semen Milik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (PT SBI).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Juanidi mengatakan, penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT. SBI ini dalam rangka untuk mengurangi timbulan sampah.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Banyumas mencoba berbagai macam cara untuk mengurangi timbulan sampah. Salah satunya adalah pemanfaatan timbulan sampah khususnya dari plastik.

"Ini konteksnya adalah untuk mengurangi timbulan sampah, baik itu dari hulu sampai ke hilir. Kareba potensi RDF yang ada di Banyumas kurang lebih mencapai 5-10 ton setiap hari.

Baca Juga: Dua gol Griezmann Bawa Prancis Menang atas Finlandia. Akhiri Lima Pertandingan Tanpa Kemenangan Les Bleus

Nah ini merupakan peluang juga untuk teman – teman KSM (kelompok swadaya masyarakat) untuk mendapatkan nilai tambah. Biasanya sampah plastik itu dibuang ke TPA tetapi ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan alternatif sebagai bahan bakar di PT SBI. Walaupun secara itung – itungan ya menutup biaya operasional itu sudah lumayan daripada harus dibuang dan harus mengeluarkan uang," katanya saat ditemui Rabu (8/9/2021).

Sampai saat ini, pengelolaan sampah yang ada di hulu atau di KSM dalam rangka untuk mengurangi sampah kurang lebih sekitar 60% dan kedepan kita masih mendorong lagi untuk bisa ditingkatkan pemilahan atau pengurangan sampahnya di sekitar 70%.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Bumi Banten Kembali Mengguncang Pagi Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 08:13 WIB
X