• Rabu, 27 Oktober 2021

Ternyata Tanah Di Banyumas Yang Terdaftar Baru 48,7 Persen. Tahun 2025 Ditargetkan semua Tanah Bersertifikat

- Sabtu, 25 September 2021 | 07:57 WIB
Kepala Pertanahan Kabuaten Banyumas, Supaat saat memberikan pengarahan pada HUT ke 61 UUPA.di Kantor Pertanahan Banyumas. (Humas Pemkab Banyumas)
Kepala Pertanahan Kabuaten Banyumas, Supaat saat memberikan pengarahan pada HUT ke 61 UUPA.di Kantor Pertanahan Banyumas. (Humas Pemkab Banyumas)
 
Banyumas, Klikanggaran.Com -Kabupaten Banyumas Jawa Tengah memiliki luas wilayah  132.758 Ha dengan jumlah bidang tanah kurang lebih 1.076.945. Tetapi yang terdaftar di di Badan Pertanahan Nasional baru 524.730 bidang, atau hanya 48,72 persen. Sisanya yang 50 persen lebih belum terdaftar.
 
Informasi itu diungkapkan oleh Kepala Pertanahan Kabuaten Banyumas, Supaat saat memberikan pengarahan pada HUT ke 61 UUPA di Kantor Pertanahan Banyumas, Jumat 24 September 2021.
 
"Kabupaten Banyumas dengan luas wilayah 132.758 Ha dengan jumlah bidang tanah kurang lebih 1.076.945 (NOP tahun 2019) bidang, yang terdaftar baru sebanyak 524 730 bidang (48,72 % ) dan belum tercatat sebanyak 552.215 bid (51,28%), ujarnya. 
 
 
Supaat menambah, BPN menargetkan, pada 2025 semua bidang tanah di Banyumas sudah terdaftar atau bersertifikat.  Hal ini sejalan dengan target nasional dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menargetkan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Wilayab Republik Indonesia terdaftar secara keseluruhan.
 
 
Untuk mencapai target tersebut Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap  atau PTSL.
 
PTSL adalah Program Strategis Nasional yang  merupakan salah satu konsep dalam membangun data bidang tanah baru dan menjaga kualitas data bidang tersebut  tanah yang ada agar rangkaian data bidang-bidang tanah yang tercatat secara lengkap dan akurat 
 
 
" Dalam menunjang peningkatan kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas, melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah secara serentak, lengkap, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PISLE Melalui program)  tersebut," ujar Supaat.
 
 
 
Dalam peningkatan kualitas pelayanan pertanahan. Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas di samping menyukseskan pelaksanaan PTSL, juga melaksanakan kegiatan pelayanan mempercepat dan menyukseskan program pensertipikatan Barang Milik Negara (BMN), untuk target anggaran 2021 mendapatkan target sebanyak 212 bidang. 
 
Pada saat ini capaian dan yang ditargetkan akhir September 2021 telah terselesaikan semua (100%). Target Tanah Aset Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejumlah 22 bidang tanah, realisasi saat ini sudah terbit Peta Bidang Tanah sejumlah 20 bidang, ditargetkan untuk penyelesaian Penerbitan Sertipikat Tanah selesai tanggal 31 Desember 2021.
 
 
“Aset Pemerintah Kabupaten Banyumas tahun Anggaran 2021 telah didaftarkan ukur sejumlah 232 bidang tanah, realisasi saat ini dalam tahap Pengukuran, proses Pemetaan dan Penerbitan Peta Bidang Tanah. Ditargetkan untuk penyelesaian Penerbitan Sertipikat Tanah tanggal 31 Desember 2021,” tambahnya
 
BPN Banyumas juga melaksanakan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).  GTRA bertujuan mengurangi timpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan;  menangani sengketa dan konflik agraria;  menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui pengaturan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah;  menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan;  memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi;  meningkatkan ketahanan dan ketahanan pangan serta memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup.**
 
 
 

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X