• Kamis, 28 Oktober 2021

NOC Pemkab Batang Hari Belum Berfungsi Optimal, Kalau Data Hilang Gimana?

- Senin, 20 September 2021 | 12:56 WIB
Ruang data Pemkab Batang Hari (Dok.klikanggaran.com/KR)
Ruang data Pemkab Batang Hari (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com - Penggunaan Jaringan Intra Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemkab Batang Hari bertujuan untuk menjaga keamanan dalam melakukan pengiriman data dan informasi antar simpul jaringan dalam Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Setiap Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah harus menggunakan Jaringan Intra pemerintah.

Berdasarkan LHP BPK RI diketahui, Pemkab Batang Hari belum menyediakan Jaringan Intra yang mendukung penerapan dan pengembangan SPBE.

Hasil pemeriksaan atas pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur Jaringan Intra Pemkab Batang Hari menunjukkan permasalahan yang perlu mendapat perhatian sebagai berikut.

Baca Juga: Lima Makanan Khas Tradisional Cianjur Patut Dicoba ketika Kamu Sedang Berwisata di Sana, Yuk Kita Kepoin!

a. Jaringan Intra Pemkab Batang Hari belum menjangkau seluruh PD, belum mendapatkan pertimbangan kelaikan operasi dan kelaikan keamanan

b. Network Operation Center (NOC) Pemkab Batang Hari belum berfungsi optimal dan upaya pengamanannya belum memadai

Permasalahan tersebut mengakibatkan data dan informasi yang mendukung layanan administrasi pemerintahan belum terintegrasi dalam jaringan Dinas Kominfo dan berpotensi rusak/hilang.

Baca Juga: Dua DPO Teroris Poso Tertembak, Polri Pastikan Tewas di TKP

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Dinas Kominfo menyatakan sependapat dan akan menindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK. Bupati Batang Hari pun menyatakan sependapat dan akan menindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X