• Selasa, 21 September 2021

Belum Menyusun Renstra, Ini yang terjadi dengan RPJMD Tahun 2016-2021 Pemkab Batang Hari

- Rabu, 15 September 2021 | 21:16 WIB
Permasalahan Renstra di Pemkab Batang Hari (Dok.klikanggaran.com/KitRose)
Permasalahan Renstra di Pemkab Batang Hari (Dok.klikanggaran.com/KitRose)

Jakarta, Klikanggaran.com – Sebagaimana diketahui, untuk mewujudkan tujuan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang Hari memerlukan rencana strategis sebagai acuan dalam pengembangan dan percepatan penerapan SPBE.

Hal tersebut di atas bertujuan untuk mewujudkan peningkatan tata pemerintahan dan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Batang Hari.

Hasil pemeriksaan oleh BPK RI atas rencana strategis Pemkab Batang Hari dalam penguatan tata kelola SPBE menunjukkan, Pemkab Batang Hari belum mencantumkan rencana strategis untuk pengembangan dan percepatan penerapan SPBE dalam RPJMD dan Renstra Dinas Kominfo.

Baca Juga: Terbelit Masalah Harga Jagung dan Telur, Peternak Ayam Petelur Ini pun Menghadap Jokowi

Pemkab Batanghari menetapkan RPJMD berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2017. RPJMD tersebut belum mencantumkan renstra dalam pengembangan dan percepatan penerapan SPBE.

Berdasarkan RPJMD tersebut, Dinas Kominfo Pemkab Batang Hari kemudian menyusun Rencana Strategis Perubahan Dinas Kominfo Tahun 2016-2021 pada tahun 2018.

Permasalahan tersebut mengakibatkan RPJMD Tahun 2016-2021 Pemkab Batang Hari belum dapat dijadikan pedoman dalam menyusun Arsitektur SPBE Daerah dan Peta Rencana SPBE Daerah.

Baca Juga: Kurang Cermat dalam Pengadaan Barang di Pertamina RU VII Kasim, Ada Denda Rp1,3 Miliar Belum Dikenakan

Menanggapi permasalahan tersebut:

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X