• Selasa, 24 Mei 2022

Optimalisasi Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Melalui Aplikasi Sisnaker-Karirhub

- Kamis, 15 Juli 2021 | 16:09 WIB
naker 2
naker 2


Sebuah artikel yang ditulis oleh Anna Kurnianingsih





Pelayanan penempatan tenaga kerja adalah kegiatan untuk mempertemukan tenaga kerja dengan pemberi kerja, sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, serta pemberi kerja dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya. Petugas yang melaksanakan pelayanan penempatan di instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintah bidang ketenagakerjaan pusat, provinsi, kabupaten/kota adalah Pejabat Fungsional Pengantar Kerja dan Petugas Antar Kerja.


Kegiatan  pengantar kerja dalam rangka pelayanan penempatan dilakukan dengan memberikan informasi lowongan pekerjaan secara jelas kepada pencari kerja mengenai jenis pekerjaan, lokasi kerja, besarnya upah, jam kerja dan kondisi kerja.  Pengantar Kerja dapat memberikan penyuluhan dan bimbingan jabatan kepada siswa, pencari kerja, mahasiswa, guru-guru BK, Lembaga Pelatihan, Lembaga penempatan, kelompok masyarakat dan tenaga terPHK. Pengantar kerja juga dapat memberikan informasi kepada pemberi kerja yang membutuhkan tenaga melalui Dinas Kabupaten/Kota.


Kegiatan pelayanan penempatan dapat dilakukan secara manual ataupun melalui online system.  Namun dengan melihat perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi begitu cepat di era revolusi industry 4,0 dan dengan adanya pandemi covid-19 ini, menuntut adanya peralihan pekerjaan yang semula sangat mengandalkan tenaga manusia beralih ke digital. Demikian juga dengan sebagian besar tugas dan fungsi yang dilakukan oleh pengantar kerja. Perlu kecepatan dan kemudahan mengingat bahwa jumlah pencari kerja yang dilayani begitu banyak. Data sumber Kementerian Ketenagakerjaan tahun 2020 jumlah pencari kerja nasional sebanyak 8.5 juta orang.


Sementara jumlah pengantar kerja pada bulan April 2021 yang ada di seluruh Indonesia belum sebanding dengan jumlah pencari kerja yang dilayani, walaupun kegiatan layanan penempatan juga dilakukan oleh Lembaga Penempatan Pemerintah lainnya seperti Bursa Kerja Khusus dan Lembaga penempatan swasta.  


Sebaran Pengantar Kerja di Seluruh Indonesia, April 2021


-


Sisnaker Karirhub

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Dilema Puan Menjadi Presiden

Kamis, 21 April 2022 | 04:39 WIB

Kios SIAPkerja (Kasus BPVP Kabupaten Sidoarjo)

Rabu, 13 April 2022 | 13:33 WIB

Konsep Frasa Crazy Rich dan Orang Kaya

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:48 WIB

Mandalika dan Penciptaan Lapangan Kerja

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:06 WIB

Berkawan Akrab dengan Kehilangan

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:14 WIB
X