• Selasa, 18 Januari 2022

Pelajaran Di Akhir Ramadhan

- Senin, 10 Mei 2021 | 15:02 WIB
Novi Rahman Hidayat 093
Novi Rahman Hidayat 093


Jakarta,Klikanggaran.com - Tidak semua berita yang bertebaran bernilai sampah. Ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Tergantung bagaimana kita membacanya dan mencari makna di balik berita itu.


Belum lama, saya membaca tulisan Pak Dahlan Iskan tentang ceritera seorang tokoh pengusaha kaya yang budiman dan alim.  Dengan penuh kekaguman, tokoh ini digambarkan Pak Dahlan Iskan sebagai tokoh yang "mau berkorban" meninggalkan karirnya sebagai pengusaha sukses untuk menjadi bupati dengan tujuan mulia, memakmurkan rakyat.


"Gajinya sebagai Bupati ia serahkan ke lembaga kesejahteraan masyarakat. Mobil mobil dinas bupati tidak ada yang ia pakai. Semua peggawai negeri harus membayar pajak--yang hasilnya dikelola tim untuk mengatasi kemiskinan."


Pak Dahlan Iskan juga menggambarkan tokoh ini sebagai orang alim. "Tiap hari Jum'at ia pindah masjid: khutbah." Katanya, setiap kali usai jumatan, ia bertemu dengan masyarakat untuk membantu siapa saja yang rumahnya tak layak huni. Coba baca link berikut.


Membaca tulisan Pak Dahlan Iskan tentang tokoh ini, saya terus terang terkesima. Kagum. Diam diam saya berharap bahwa suatu saat Indonesia akan memiliki banyak tokoh seperti ini yang akan menjadikan Indonesia makmur.


Belum juga rasa kekaguman berhenti, tiba-tiba pagi ini saya membaca berita ini.


Saya hampir tak percaya apa yang saya baca. "Pasti ini hoax," begitu kata hati saya. Bagaimana mungkin orang yang begitu hebat, kaya dan alim, tertangkap OTT.


Saya kemudian melakukan recheck sambil berharap ini hoax. Tapi nampaknya berita ini benar karena juga dimuat pada sumber berita lain.


Waduh! Bagaimana mungkin orang sebaik itu ternyata terindikasi jual beli jabatan. Ia diberitakan menetapkan tarif bagi jajarannya yang ingin mendapatkan jabatan.
"Untuk camat Rp 100 juta, untuk staf hingga Rp 50 juta." (sumber detikcom, 10/5/2021).

Halaman:

Editor: M.J. Putra

Tags

Terkini

Menikah atau Tidak Menikah?

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:03 WIB

Melepas Keriuhan, Menyambut Keheningan

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pemikiran Gus Dur dalam Pergerakan PMII

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:39 WIB

Relasi Sinergis Nahdlatul Ulama-Partai Gerindra

Minggu, 19 Desember 2021 | 12:42 WIB

Jangan Stigma Negatif Pesantren

Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:25 WIB

Mengulik Makna Selangkangan

Senin, 6 Desember 2021 | 17:28 WIB

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB
X