• Senin, 17 Januari 2022

Menulis sebagai Self Healing, Sebagus Itukah Dampaknya? Ini Ada Satu Kisah

- Rabu, 17 November 2021 | 18:07 WIB
Menulis sebagai self healing (Dok.pexels.com/Lisa)
Menulis sebagai self healing (Dok.pexels.com/Lisa)

KLIKANGGARAN - Menulis bagi beberapa orang adalah sebuah kegiatan yang sulit dilakukan. Sementara bagi banyak orang yang lain, kegiatan itu mudah dilakukan, bahkan menyenangkan. Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Jika kita menganggap bahwa menulis adalah sebuah pekerjaan yang sulit dilakukan, maka akan sulit. Sebaliknya, jika kita menganggapnya mudah, makan akan mudah kita melakukannya.

Bagi banyak orang, kegiatan menulis itu sangat menarik. Ada yang menjadikannya sebagai sebuah hobi, bahkan ada yang menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Misalnya penulis novel, buku panduan, atau jurnalis.

Hal menarik lain dari menulis adalah bisa sebagai self healing. Sebuah terapi jiwa dan penyembuh diri dari gangguan psikologis, pernah mengalami trauma, atau sedang depresi. Hal ini sudah banyak dibahas oleh beberapa ahli di bidangnya.

Baca Juga: Duh, Pembayaran Jasa Service NMS Palapa Ring Kemenkominfo Sebesar Rp950 Juta Dinilai Tidak Wajar?

Saya mempunyai sebuah pengalaman menganai menulis sebagai self healing ini. Saya tidak perlu menyebutkan namanya, yang jelas hal ini terjadi pada teman dekat saya.

Seperti kita ketahui, self healing adalah sebuah cara untuk menyembuhkan diri dari sesuatu yang menyebabkan kelelahan atau luka batin, bahkan trauma dan depresi.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kelelahan secara emosional yang diakibatkan oleh berbagai hal. Seperti tututan pekerjaan, tekanan sosial, kepergian orang terkasih, rasa bersalah yang terus-menerus, dan lain sebagainya.

Teman saya ini, sebut saja Rindu, adalah seorang dokter. Lebih tepatnya, dia seorang dokter yang menjadi pimpinan di sebuah rumah sakit. Bisa Anda bayangkan, bagaimana tekanan emosi yang dia alami selama menjabat di rumah sakit. Terutama di masa pandemi covid-19 ini.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB

Bagaimana Drakor Meracuni Anda? Ini Contohnya

Senin, 29 November 2021 | 22:55 WIB
X