• Selasa, 18 Januari 2022

Betulkah Menulis Dapat Memelihara Kesehatan Jiwa ? Begini Penjelasan Ahli

- Selasa, 21 September 2021 | 16:48 WIB
Dosen Keperawatan Fikes UMP, NS  Siti Nurjannah (Kerudung ungu) saat acara bedah buku Antologi “Wanita adalah Istimewa” yang digelar oleh Nurses Bee dan Sisterhood Iqro yang berbasis di Sydney, Australia. Sabtu, 18 September 2021 (Humas UMP)
Dosen Keperawatan Fikes UMP, NS Siti Nurjannah (Kerudung ungu) saat acara bedah buku Antologi “Wanita adalah Istimewa” yang digelar oleh Nurses Bee dan Sisterhood Iqro yang berbasis di Sydney, Australia. Sabtu, 18 September 2021 (Humas UMP)

Purwokerto, Klikanggaran.Com -- Bagi yang suka menulis, ini ada kabar gembira bagi anda. Karena ternyata menulis bisa menjadi media untuk memelihara kesehatan jiwa.

Dalam dunia kesehatan, menulis menjadi salah satu terapi yang bisa dilakukan secara mandiri.

Dosen Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah Ns. Siti Nurjanah, M.Kep., Sp.Kep.J. Selasa, 21 September 2021mengatakan Writing For Healing , menulis untuk penyembuhan. Menulis adalah media untuk menyalurkan emosi negatif.

" Metode menulis yang digunakan adalah menulis ekspresif. Menulis ekpresif merupakan aktivitas menulis untuk mengekspresikan hal terburuk atau tersulit yang di alami dalam kehidupan seseorang.

Baca Juga: Cara Agar Tidak Menjadi Korban Curanrek di Tongkrongan

Waktu yang diperlukan sekitar 20-30 menit, Fokus pada emosi terdalam yang benar benar ingin dilepaskan," ujar wanita yang akrab disapa Jannah ini dan banyak berkecimpung di area keperawatan kesehatan Jiwa.

Dosen yang menjadi salah satu penulis dalam buku Antologi Wanita adalah Istimewa mengatakan, manfaat menulis ekspresif ini untuk kesehatan jiwa antara lain menurunkan kecemasan dan ketegangan serta bisa untuk memperbaiki suasana hati.

" Dalam jangka panjang menulis ekspresif dapat membantu memberikan kesehatan yang baik bagi tubuh, meningkatan Iimunitas, dan mengurangi terkena penyakit karena banyak emosi negatif yang dikeluarkan ," ujar Jannah saat acara bedah buku Antologi “Wanita adalah Istimewa” yang digelar oleh Nurses Bee dan Sisterhood Iqro yang berbasis di Sydney, Australia. Sabtu 18 September 2021.

Baca Juga: Jika Digelar Tahun ini, Muktamar ke-34 NU untuk Siapa ?

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juragan99 Sebut Persib Alay, Viking Meradang

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:20 WIB
X