• Minggu, 5 Desember 2021

Kata Siapa Menulis Puisi Sulit? Begini lho Cara Menulis Puisi agar Terlihat seperti Penyair Sungguhan

- Senin, 20 September 2021 | 15:57 WIB
Ilustrasi: Gedis memegang kertas berisi puisi, mantap (Pixabay/Victoria_Borodinova)
Ilustrasi: Gedis memegang kertas berisi puisi, mantap (Pixabay/Victoria_Borodinova)

Klikanggaran..com-- Menulis pusi, Anda pernah? Bagaimana menulis puisi menurut Anda? Mudah ataukah sulit? Ya, bisa mudah atau bisa juga sulit.

Ada yang berpendapat bahwa menulis puisi itu sulit, seperti memahami hati isi perempuan yang telah menjadi sahabat terus kita menyatakan cinta kepadanya. Ahaiiiii.

Tapi ada juga yang berkata bahwa menulis puisi itu sangat mudah, seperti menyatakan cinta kepada sahabat yang kita sudah tahu bahwa dia juga mempunyai perasaan yang sama. Aseeeeeeeekkkk.

Saya bukan penyair, tapi berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa cara menulis puisi agar terlihat seperti penyair yang sesungguhnya.

Baca Juga: Gara-gara Tak Punya Aplikasi Ini, Nyaris Gagal Beli Sembako

1. Tema
Memilih tema yang sederhana, jangan yang berat. Ada banyak hal yang bisa kita jadikan puisi di sekitar kita. Terutama di diri kita. Temukan keresahan apa yang sedang bergelut dalam hati. Ditinggal nikah sahabat yang kita cintai diam-diam ataupun ribut dengan tetangga. Semua bisa jadi puisi kalau kita jeli dan kreatif menjadikannya inspirasi untuk puisi yang kita mau tulis.

2. Judul
Buatlah judul puisi yang tidak biasa. Agar terihat gaya dan indah. Usahakan agak liar. Misalnya kita mau membuat puisi bertemakan mantan, maka kita beri judul “Hantu Masa Lalu”. Jangan memberi judul yang sudah biasa didengar semisal “Dear Mantan”.

3. Bait
Agar terlihat bagus dan indah, maka baitpun harus kita perhatikan keindahannya. Bisa dari segi kalimatnya atau dari segi tata-letaknya. Dari segi kalimatnya bisa kita buat di ujung setiap kalimatnya dengan rumus AABB, ABAB, ABBA atau AAAA tergantung selera.

4. Diksi
Dari segi pemilihan kata atau diksinya, agar puisi kita terlihat keren seperti penyair sesungguhnya adalah dengan cara memilih kata-kata atau kalimat-kalimat yang liar (baca: aneh) dan tidak biasa yang membuat orang yang membacanya perlu mengulang baca untuk dapat mengerti isi puisinya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inul Berduka, Ibu Mertua Meninggal Dunia

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:28 WIB

Akun Baru Instagram Gong Yoo, Yuk Cek

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:15 WIB

Ayah Vanessa Angel Bilang Besannya Temperamental

Minggu, 28 November 2021 | 19:24 WIB

Siapa Sih Zakry Sulisto yang Menikahi Velove Vexia?

Rabu, 24 November 2021 | 15:13 WIB
X