• Jumat, 12 Agustus 2022

Daftar 72 Calon Kepala Daerah yang Dapat Teguran Keras dari Mendagri

- Jumat, 11 September 2020 | 08:12 WIB
Kelebihan Pembayaran
Kelebihan Pembayaran


JAKARTA – Sebanyak 72 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah mendapat teguran keras dari Mendagri karena mengabaikan protokol kesehatan, demikian disampaikan Staf Khusus Menteri Dalam Negeri bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga, dalam surat tertulis, pada Kamis, 10 September 2020.


Mereka terdiri dari satu gubernur, 35 bupati, 5 wali kota, 36 wakil bupati dan 5 wakil wali kota.


"Ancaman sanksi juga tengah disiapkan bagi yang sudah ditegur, tetapi masih melakukan. Opsi sanksi itu mulai dari penundaan pelantikan bagi pemenang yang melanggar hingga disiapkannya Pjs langsung dari pusat," kata Kastorius Sinaga.


Dia menjelaskan upaya Kemendagri secara ketat, para calon calon calon pilkada di daerah yang berhasil dengan cepat terdeteksi dan mendapat teguran sesuai dengan ketentuan undangan.


 "Sejauh ini sudah 72 daerah yang mendapat teguran keras. Jumlah ini meningkat drastis dibanding dua hari lalu yang baru mencapai 53 daerah," ujarnya.


Teguran dan Sanksi


Kemendagri menerapkan prinsip tongkat dan wortel dalam protokol protokol Covid-19 dalam tahapan-tahapan pilkada.


Para pelanggar ketentuan yang diberikan teguran yang diberikan oleh sanksi lebih berat bila berulang.


Hal ini disesuaikan dengan ketentuan UU maupun Peraturan KPU. Berikut ini nama-nama cakada yang mendapat teguran keras Mendagri:

Halaman:

Editor: Tim Berita

Tags

Terkini

X