• Selasa, 29 November 2022

Presiden Joko Widodo Minta Penerbitan dan Pengalihan Hak atas Tanah di Wilayah IKN Nusantara Dihentikan

- Kamis, 10 Maret 2022 | 21:00 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang IKN, Kamis (10/3/2022) (setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang IKN, Kamis (10/3/2022) (setkab.go.id)

KLIKANGGARANPresiden Joko Widodo memerintahkan kepada kementerian terkait untuk menghentikan penerbitan dan pengalihan hak atas tanah di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Negara meminta Menteri ATR/BPN untuk melakukan konsolidasi, baik mengenai kepemilikan maupun penggunaan tanah di IKN.

Perintah Presiden Joko Widodo tersebut diberikan saat ) menyampaikan sejumlah arahan mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam Rapat Terbatas (Ratas), di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/03/2022).

“Berkaitan dengan rencana tata ruang di kawasan IKN agar ini bisa segera mempercepat pelepasan kawasan hutan di wilayah IKN utamanya yang berada di kawasan milik pemerintahan,” ujar Presiden.

Baca Juga: Asyik! Artis Gading Marten Duduki Jabatan Presiden Persik Kediri

Ada sejumlah arahan Presiden Joko Widodo mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, utamanya berkaitan dengan masalah pertanahan dan kelembagaan.

Pertama, Presiden menginstruksikan jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk segera menyelesaikan status kepemilikan tanah di kawasan IKN Nusantara.

“Kemudian juga identifikasi dan verifikasi tanah yang mungkin masih dimiliki atau dikuasai oleh perusahaan maupun oleh masyarakat. Kita harus memastikan juga bahwa pengadaan tanah di kawasan Ibu Kota Nusantara ini hanya dapat dialihkan kepada instansi yang memerlukan tanah untuk pembangunan IKN,” jelas Presiden.

Baca Juga: 9 Jaksa Ditugaskan Kejagung untuk Siapkan Tuntutan terhadap Indra Kenz

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X