• Selasa, 18 Januari 2022

Ketersediaan Oksigen di Planet Bumi untuk Manusia

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:03 WIB
Ilustrasi (@sekar_mayang)
Ilustrasi (@sekar_mayang)

KLIKANGGARAN-- Makhluk hidup, baik yang hidup di darat maupun air, membutuhkan oksigen untuk bernapas. Tubuh memerlukan oksigen untuk mengubah glukosa menjadi energi yang nantinya dibutuhkan untuk berbagai aktivitas, termasuk untuk keperluan metabolisme.

Seperti kita ketahui, oksigen dihasilkan oleh tumbuhan. Dan, seperti kita ketahui pula, bahwa lahan hijau di Bumi makin menipis. Maka, menipis pulalah pasokan oksigen bagi makhluk hidup.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga ketersediaan oksigen di planet biru ini?

Sekian miliar tahun lalu, jagat raya ini diciptakan oleh Maha Pencipta dengan tujuan tertentu (Rabb Mahatahu), termasuk Bumi yang kita diami. Muncul pertanyaan di benak manusia, “Untuk apa ada penciptaan?”

Baca Juga: 'Kompor' Karni Ilyas Tak Berpengaruh pada Yenny Wahid atau Memang Karni tak Paham ya?

Dalam proses penciptaan, tentu ada pencipta (pembuat), juga ada yang diciptakan (dibuat). Untuk pembuktian sunnatullah bahwa pencipta segala maha. Maha di sini berarti besar, kuasa, kehendak, tinggi, luas, tahu, tidak berbatas, melindungi, menjaga, bertanggung jawab, kaya, ilmu, meninggikan, merendahkan, kasih sayang, raja, perkasa, zat yg beda, mulia, dan masih banyak lagi diksi yang dapat memaknainya.

Sebelum penciptaan manusia (insan), Sang Maha Pencipta, Allah Swt, telah paripurna menciptakan segala sesuatunya untuk keperluan manusia. Allah Swt yang menetapkan bahwa tempat tinggal untuk manusia adalah planet Bumi (Ardhi = Earth).

Di Bumi, manusia hidup berdampingan dengan makhluk lain. Keberadaan makhluk lain dimaksudkan agar segala kebutuhan manusia terpenuhi. Ini bukti betapa tak terhingganya kasih sayang Allah Swt kepada makhluk yang bernama manusia. Semua makhluk diberi hidup hanya untuk dijadikan hamba-Nya (abduhu). Hak Allah Swt untuk disembah, hak manusia untuk menjalani proses hidup di Bumi.

Baca Juga: Band Metal Cewek, Voice of Baceprot, Mengumumkan Tur Eropa 2021, Keren dan Mantap Betul!

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB

Peruntungan Shio Tikus di Tahun Macan Air

Sabtu, 1 Januari 2022 | 21:16 WIB
X