• Sabtu, 10 Desember 2022

Cerita Mistis dari Bali, Sakralnya Pemujaan pada Ratu Ayu Mas Subandar

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:52 WIB
Cerita mistis Bali, Pura Dalem Balingkang, Gedong Linggih Ratu Mas Ayu Subandar (Dok.klikanggaran.com/NS)
Cerita mistis Bali, Pura Dalem Balingkang, Gedong Linggih Ratu Mas Ayu Subandar (Dok.klikanggaran.com/NS)

Klikanggaran.com - Cerita mistis di Bali ini saya tulis dengan kapasitas saya yang bukan penduduk asli Bali. Ini hanya kebetulan saya tinggal di Bali dan bergaul dengan masyarakat asli Bali sejak tahun 1998.

Cerita mistis ini dilatarbelakangi Pura Dalem Balingkang, pura yang sangat sakral, tempat sembahyang masyarakat Hindu Bali. Di dalam pura suci ini ada gedong linggih Ratu Mas Ayu Subandar.

Terlepas dari cerita mistis di Bali yang banyak dibicarakan orang, bagi saya pura ini cukup unik. Biarpun ini pura asli masyarakat Hindu Bali, tetapi di sana banyak ornamen China. Sepintas mirip dengan klenteng bagi pemeluk agama Kong Hu chu. Kok, bisa, ya?

Gedong suci Tapakan Ratu mas Ayu Subandar

Baca Juga: KPK Berikan Atensi pada 1474 Aset Tanah Pemkab OKI yang Belum Bersertifikat

Cerita mistis di Bali, saya dapatkan dari Pura Dalem Balingkang yang awalnya memiliki legenda kisah cinta Raja Sri Jaya Pangus. Dalam legenda itu dikisahkan bahwa situs Pura Dalem Balingkang adalah sebuah kerajaan pada masa pemerintahan Sri Jaya Pangus dengan pusat kerajaan di Desa Sukawana di sekitar bukit Panarajon atau Penulisan.

Konon, pembuatan Pura Dalem Balingkang berawal dari kesalahan Raja Sri Jaya Pangus yang menikahi putri seorang saudagar dari Cina bernama Kang Cing Wie. Pernikahan ini tidak mendapat restu sang ayahanda.

Akhirnya Raja Sri Jaya Pangus terusir dari istana Panarajon dan mendirikan istananya sendiri, yang kemudian disebut Dalem Balingkang. Banyak versi dari cerita asal-usul Pura Dalem Balingkang. Di sini saya tidak akan mengupas tentang sejarah keberadaan pura sakral dan suci bagi umat Hindu Bali ini.

Baca Juga: Daily Mail Sebut Karakter Kulit Hitam Dihapus di Poster Film Dune, padahal Klaim Itu Salah, Kok Bisa Sih?

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Mistis Besari, Perempuan Berperut Balon

Jumat, 9 Desember 2022 | 00:05 WIB

Hari Ayah Nasional, Netizen: Miss You Pah

Sabtu, 12 November 2022 | 14:04 WIB

Ingin Suami Patuh, Ada Sesajen di Sudut Kamar!

Kamis, 29 September 2022 | 22:39 WIB
X