• Selasa, 21 September 2021

Pemanfaatan Sumber Air Baku oleh PT AM Giri Menang (Perseroda) Belum Seluruhnya Memiliki Izin

- Rabu, 15 September 2021 | 16:55 WIB
Ilustrasi: Pipa Saluran Air (Pixabay/ArtisticOperation)
Ilustrasi: Pipa Saluran Air (Pixabay/ArtisticOperation)


Mataram, Klikanggaran.com-- Keberadaan PT AM Giri Menang diawali dengan pembangunan sistem penyediaan air bersih di Kota Mataram pada tahun 1973 oleh Direktorat Teknik Penyehatan Departemen Pekerjaan Umum yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Buyers Credit dari Australia.

Sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, pada tahun 2019 PDAM Giri Menang berubah status hukumnya menjadi Perusahaan Perseroan Daerah Air Minum Giri Menang, disingkat PT Air Minum Giri Menang (Perseroda).

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan atas operasional tahun buku 2019 dan tahun 2020 (semester I) Pada PT AM Giri Menang di Mataram.

Baca Juga: Bersama Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118,Prodi D3 Keperawatan UMP gelar BT&CL

Aktivitas PT AM Giri Menang (Perseroda) tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya dan Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air.

Hal itu disampaikan BPK sebagaimana dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Nomor 162/LHP-PDTT/XIX.MTR/12/2021 tertanggal 10 Desember 2020.

BPK mengatakan bahwa pemanfaatan sumber daya air, baik berupa air permukaan maupun air tanah, diperlukan izin pengusahaan sumber daya air. Pun, apabila PT AM Giri Menang memanfaatkan sumber daya air, maka harus mendapatkan izinnya.

Baca Juga: Bupati Minta Kampus Berikan Kontribusi dalam Teknologi Informasi kepada Masyarakat Banyumas

BPK mengatakan bahwa izin tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang, dengan sebutan Surat Izin Pemanfaatan Air (SIPA).

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X