• Sabtu, 25 Juni 2022

Pengamat Sebut, Pilkada PALI 2024 Sangatlah Menarik, Rekam Jejak Juga Jadi Faktor Penting

- Jumat, 15 April 2022 | 19:54 WIB
Pengamat Politik Sumsel, Fatkurohman S. Sos (dok.BudiS)
Pengamat Politik Sumsel, Fatkurohman S. Sos (dok.BudiS)

 

KLIKANGGARAN-- Presiden Jokowi telah melantik anggota KPU Periode 2022-2027 yang merupakan sinyalemen jika Pemilukada 2024 akan tetap berjalan sesuai agenda yang telah disepakati sebelumnya, tak terkecuali bagi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pengamat Politik Sumsel, Fatkurohman, S Sos., mengulas jika Pilkada PALI 2024 bisa dibilang kontestasi panggung politik yang tak kalah menarik untuk disimak di Sumsel.

Hal itu dikarenakan, Bupati PALI saat ini, Ir H Heri Amalindo tak bisa maju kembali pada Pilkada PALI 2024 yang akan datang.

"Pilkada serentak 2024 akan sangat menarik disimak apalagi petahana tidak bisa lagi maju di Pilkada nanti termasuk di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)," ujar Pengamat Politik Sumsel Fatkurohman, S Sos., dalam keterangannya pada klikanggaran.com, Jum'at, 15 April 2022.

Dengan kondisi tersebut, kata Fatkurohman tokoh potensial bisa ambil bagian menjadi regenerasi pemimpin di Kabupaten PALI.

Namun demikian, Fatkur mengingatkan, tidak mudah untuk menjadi tokoh potensial.

"Tidak hanya mengandalkan popularitas saja. Pertama, Tokoh potensial harus punya social capital (modal sosial) artinya harus punya rekam jejak apa yang pernah dibuat untuk masyarakat. Dengan menjadi wakil rakyat misalnya, bisa modal untuk berbuat untuk masyarakat," paparnya.

Kedua, jaringan politik. Dengan menjadi ketua parpol menjadi modal penting untuk menjadi kandidat apalagi jika memimpin partai politik.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X