Pengiriman Minyak Rusia ke India Meningkat pada Bulan Agustus, Bukti India Beli Minyak Rusia

- Minggu, 4 September 2022 | 19:52 WIB
Ilustrasi kapal tanker (Pixabay/Capt-M)
Ilustrasi kapal tanker (Pixabay/Capt-M)

 

KLIKANGGARAN -- Laporan Bloomberg tentang pengiriman minyak Rusia ke India menjadi menarik dicermati. Dengan mengutip data, Bloomberg menyebut India meningkatkan pembelian minyak Rusia pada bulan Agustus.

Enam kapal tanker yang memuat minyak ESPO Rusia, merek minyak mentah Siberia, sedang melakukan pengiriman minyak ke penyulingan India bulan lalu, tulis Bloomberg pada Kamis.

Pengiriman minyak ini menyumbang hampir seperlima dari pengiriman bulanan ESPO yang tersedia.

Pengiriman minyak itu juga merupakan pengiriman minyak mentah Rusia terbesar ke India "sejak aliran itu diperkenalkan," kata outlet berita.

Baca Juga: Wah, 6 dari 10 Pabrik di Inggris Terancam Tutup sebab Krisis Energi

Analis mengatakan pelayaran ke India akan memakan waktu lebih lama untuk kapal tanker Rusia daripada ke China.

Akan tetapi, "pengiriman mungkin berlanjut selama harga tetap menarik dan tidak ada sanksi nyata yang menghalangi perdagangan."

Lansir RT.com, India telah meningkatkan pembelian minyak Rusia sejak musim semi, ketika Moskow memperkenalkan diskon untuk menarik pembeli baru setelah negara-negara Barat menghindari ekspor minyak mentah Rusia di tengah sanksi terkait Ukraina.

China telah lama menjadi pembeli utama ESPO, setelah membeli hampir semua kargo yang tersedia, tetapi ini bisa berubah sekarang karena India secara aktif mencari sumber minyak baru untuk memenuhi permintaan domestik.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X