• Selasa, 27 September 2022

Sungai Oder Dipenuhi Ribuan Ikan Mati, Bencana Besar Lingkungan Ancam Jerman dan Polandia

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:28 WIB
Permukaan sungai Oder tertutup bangkai ikan (Twitter/#Agata Tumiłowicz-Mazur)
Permukaan sungai Oder tertutup bangkai ikan (Twitter/#Agata Tumiłowicz-Mazur)

KLIKANGGARAN -- Pihak berwenang di Polandia dan Jerman sedang mencari penyebab bencana besar lingkungan di Sungai Oder, sungai terbesar kedua di Polandia.

Sungai Oder yang mengalir melalui Republik Ceko dan Jerman timur. Ribuan ikan mati telah terlihat mengambang atau terdampar di tepi Sungai Oder selama dua minggu terakhir.

Foto dan video yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan permukaan sungai Oder tertutup bangkai ikan, sementara berang-berang mati juga terlihat mengambang di atas air.

Penyiar Jerman rbb24 melaporkan pada hari Sabtu bahwa bencana telah mencapai Laguna Szczecin di mulut sungai Oder yang mengalir ke Laut Baltik.

Baca Juga: Pemda Lutra Gelar Bimtek SP2D Daring, Wujud Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah

Ratusan sukarelawan serta sekitar 300 spesialis layanan darurat Jerman telah mengumpulkan hewan mati di Oder di daerah yang membentang sekitar 80 kilometer.

Pada hari Jumat, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menyatakan bahwa “sejumlah besar limbah kimia mungkin dibuang di Sungai Oder dengan kesadaran penuh akan risiko dan konsekuensinya.”

Dia juga berjanji akan membawa para pelaku ke pengadilan. “Kami tidak akan membiarkan masalah ini berlalu. Kami tidak akan beristirahat sampai yang bersalah dihukum berat," katanya dalam sebuah video yang dipublikasikan di Facebook.

Baca Juga: Laporan Kasus Pelecehan Seksual Putri Candrawathi Dihentikan, Inilah Isinya!

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Iran: Tak Ada Perbedaan era Trump dan Biden

Minggu, 18 September 2022 | 10:36 WIB
X