• Minggu, 26 Juni 2022

Gempa Mengguncang Afganistan, Jumlah Korban Meninggal Sedikitnya 1.000 Orang

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:51 WIB
Warga Afghanistan melihat kehancuran yang disebabkan oleh gempa bumi di provinsi Paktika (AP / Bakhtar News Agency)
Warga Afghanistan melihat kehancuran yang disebabkan oleh gempa bumi di provinsi Paktika (AP / Bakhtar News Agency)

KLIKANGGARAN -- Sedikitnya 1.000 orang tewas dan lebih dari 1.500 orang terluka setelah gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Afghanistan pada Rabu pagi, lansir Russia Today dengan mengutip pihak berwenang Taliban.

Jumlah korban gempa itu diumumkan oleh kepala departemen informasi di provinsi Paktika, Afganistan, yang paling parah terkena bencana. Daftar korban jiwa sejauh ini hanya berasal dari dua kabupaten di provinsi tersebut, kata pejabat itu.

Wakil Menteri Penanggulangan Bencana Alam Afghanistan, Mawlavi Sharfuddin Muslim, sebelumnya menyebutkan jumlah korban tewas 920 orang dengan lebih dari 600 orang terluka akibat gempa tersebut.

Menurut kantor berita resmi Taliban Bakhtar, jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah seiring tim penyelamat terus menyelidiki daerah yang terkena dampak.

Baca Juga: Benarkah Rose Blackpink dan J-Hope BTS Pacaran? Simak Faktanya!

Pusat gempa terletak sekitar 44 km (27 mil) dari kota Khost di tenggara negara itu pada kedalaman 51 km (31 mil), kata Survei Geologi AS (USGS). Gempa juga mempengaruhi bagian dari negara tetangga Pakistan.

Sebagian besar kematian dan kehancuran telah dilaporkan di provinsi Paktika, tetapi ada juga korban di provinsi Nangarhar dan Khost yang berdekatan.

Gambar-gambar peristiwa seismik yang diposting di media sosial telah menangkap rumah-rumah yang menjadi puing-puing oleh gempa.

Baca Juga: Inilah Kronologi Seorang Ibu yang Berharap Keajaiban di Twitter atas KDRT yang Menimpanya, Trending di Twitter

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X