• Sabtu, 27 November 2021

Sopir Taksi Ini Disiksa secara Brutal di Penjara CIA di Afganistan

- Senin, 25 Oktober 2021 | 07:37 WIB
Sopir Taksi Ini Dosiksa secara Brutal di Penjara CIA di Afganistan (Twitter/@Reprieve)
Sopir Taksi Ini Dosiksa secara Brutal di Penjara CIA di Afganistan (Twitter/@Reprieve)

KLIKANGGARAN-- Seorang sopir taksi Pakistan akan dibebaskan dari tahanan AS di Teluk Guantanamo setelah 17 tahun di balik jeruji besi. Disalahartikan sebagai buronan teroris, sang sopir taksi itu menderita siksaan yang mengerikan dalam tahanan Amerika, meskipun tidak pernah didakwa dengan kejahatan apa pun.

Pembebasan Ahmed Rabbani, si sopir taksi, diumumkan pada hari Jumat (22/10/21) oleh Reprieve, sebuah LSM hak asasi manusia.

Sopir taksi itu telah dibebaskan dengan suara bulat untuk dibebaskan oleh Dewan Peninjau Berkala penjara, yang terdiri dari pejabat senior dari enam lembaga AS, termasuk Departemen Luar Negeri dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Baca Juga: El Clasico, Mobil Koeman Menjadi Sasaran Kekecewaan Fan

Mengutip RT.com, perjalanan sopir taksi itu melalui infrastruktur keamanan AS pasca-9/11 dimulai di Karachi, Pakistan, pada tahun 2002. Disalahartikan sebagai teroris buronan Hassan Ghul, sopir taksi ditangkap oleh otoritas Pakistan di luar kompleks apartemen Ghul dan dijual kepada personel Amerika di negara.

Informasi yang diperoleh dari seorang rekan Rabbani yang ditangkap pada hari yang sama digunakan untuk menangkap beberapa tersangka mata-mata Al-Qaeda, termasuk yang diduga anggota detail keamanan Osama Bin Laden.

Namun, Rabbani tidak pernah didakwa dengan kejahatan apa pun, dan diyakini tidak terlibat dalam terorisme.

Namun demikian, ia menghabiskan lebih dari 545 hari setelah penangkapannya disiksa di sebuah 'situs hitam' CIA di Afghanistan.

Baca Juga: Gus Yaqut Bilang ‘Kementerian Agama Itu Hadiah untuk NU’, Anwar Abbas Pun Meradang

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polandia Mengancam Tutup Perbatasan dengan Belarusia

Senin, 22 November 2021 | 09:21 WIB
X