• Sabtu, 20 Agustus 2022

Rp 10 Miliar Penyertaan Modal BUMD Musi Rawas Disoal, Ada Apa?

- Selasa, 5 April 2022 | 20:37 WIB
Rp10 Miliar Penyertaan Modal BUMD Musi Rawas Disoal (Seknas Fitra)
Rp10 Miliar Penyertaan Modal BUMD Musi Rawas Disoal (Seknas Fitra)

KLIKANGGARAN -- Manajer Riset Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Badiul Hadi, turut angkat bicara atas adanya penyertaan modal senilai Rp10 miliar pada BUMD PT Mura Sempurna Perseroda di Kabupaten Musi Rawas yang diduga tanpa persetujuan Dewan. Ia pun mengatakan agar dana tersebut ditarik kembali dan dilakukan pembahasan ulang.

Hadi menilai, bahwa penyertaan modal tersebut harus akuntabel dan disahkan secara paripurna bersama DPRD sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang akan datang.

"Alokasi anggaran untuk program atau kegiatan apapun, termasuk penyertaan modal BUMD, sebaiknya dibicarakan secara tuntas dengn DPRD agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari," ujar Hadi saat dikonfirmasi, Selasa, 5 April 2022.

Mengenai tidak adanya persetujuaan dari beberapa fraksi pada Banggar DPRD, Hadi menilai hal itu tidak apa-apa, akan tetapi hal tersebut harus melewati proses paripurna.

Baca Juga: Herman Deru: Kelebihan Bupati Musi Rawas Bisa Memerintahkan Saya

"Ya, memang tidak disetujui Banggar atau Anggota Banggar yang dari PKB dan PKS? Misalkan sebenernya sudah dilakukan pembahasan dengan Banggar dan sudah disepakati, jika kemudian ada fraksi anggota Banggar yang tidak setuju tidak apa-apa selama memang sudah ada pembahasan dengan Banggar, apalagi jika sudah di paripurnakan," jelqsnya.

Akan tetapi, kata Hadi, bila hal tersebut terealisasi tanpa persetujaun Banggar dan tanpa Paripurna, disarankan agar anggar tersebut ditarik kembali.

"Kalau ini, menurut saya sebaiknya ditarik dulu anggarannya dan jangan dibelanjakan dulu. Dilakukan pembahasan ulang dengan Banggar," pungkasnya.

Baca Juga: Bupati dan DPRD Musi Rawas Teken MoU Propemperda Tahun 2022

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda Luwu Utara Serahkan KUA-PPAS APBD 2023 ke DPRD

Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:32 WIB

Bupati Luwu Utara Dorong Pemuda Jadi Petani Milenial

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:42 WIB
X