• Senin, 28 November 2022

85 Juta Pekerjaan Lama akan Hilang, 97 Juta Pekerjaan Baru akan Muncul, Inilah Jenis Pekerjaan Banyak Dicari

- Minggu, 23 Januari 2022 | 12:01 WIB
Menkominfo, Johnny G.Plate (InfoPublik.id)
Menkominfo, Johnny G.Plate (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan 85 juta pekerjaan lama kemungkinan akan hilang, tetapi 97 juta pekerjaan baru akan mucul sebagai akibat dari pembagian kerja antara manusia, mesin dan algoritma.

Pendapat tersebut diungkapkan Menkominfo dalam sambutannya mewakili Presiden Joko Widodo dalam Online Scholarship Competition (OSC) di Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022).

“Diproyeksikan akan terdapat 85 juta pekerjaan lama yang mungkin hilang dan 97 juta pekerjaan baru yang mungkin muncul, ini akibat pembagian kerja antara manusia, mesin, dan algoritma. Hal tersebut menuntut peningkatan keterampilan bidang digital dan soft skills,” paparnya.

Untuk menyongsong keadaan yang demikian itu, menurut Menkominfo setiap orang harus terus meningkatkan kualitas diri seiring proyeksi jumlah dan jenis pekerjaan baru akibat adopsi teknologi.

Baca Juga: Kabar Bahagia, Nick Jonas dan Priyanka Chopra Umumkan Kelahiran Bayi Mereka Lewat Program Ibu Pengganti

Baca Juga: Inilah Aktor yang Dikabarkan akan Memerankan James Bond 007, setelah Daniel Craig Mundur, Mengejutkan !!

Menurut Menteri Johnny, peningkatan keterampilan digital dan soft skills selaras dengan perkembangan teknologi untuk tenaga kerja khususnya generasi muda Indonesia dapat dilakukan melalui upskilling dan reskilling.

“Adapun jenis pekerjaan baru yang muncul dan semakin meningkat permintaan diantaranya data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence and machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist,” jelasnya.

Menurut Menkominfo ada pula beberapa jenis pekerjaan lain yang akan berkembang seperti renewable energy engineers, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration managers; dan business development professionals.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X