• Rabu, 5 Oktober 2022

Ahok Dilaporkan ke KPK dalam Tujuh Kasus Dugaan Korupsi, Begini Penjelasannya

- Kamis, 6 Januari 2022 | 14:55 WIB
Ilustrasi: Ahok (Klikanggaran/Dodi_Budiana)
Ilustrasi: Ahok (Klikanggaran/Dodi_Budiana)

KLIKANGGARAN -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas beberapa kasus dugaan korupsi Poros Nasional Pemberantasan Korupsi (PNPK).

PNPK dalam laporannya meyampaikan ringkasan sejumlah kasus yang melibatkan Ahok selama menjadi Wakil Gubernur hingga Gubernur DKI Jakarta.

Presidium PNPK Adhie M Massardi mengatakan bahwa sebagian dari kasus-kasus yang menyeret nama Ahok sudak diselidiki oleh KPK di bawah pimpinan sebelumnya namun tidak ada kejelasan.

Baca Juga: Giring Inspeksi Lokasi Formula E Ancol, Menemukan Kambing dan Kejeblos Lumpur

Disampaikan ke KPK, PNPK menilai ada sedikitnya tujuh kasus yang diduga melibatkan Ahok.

“Sebagian dari kasus-kasus tersebut bahkan telah diselidiki KPK di bawah pimpinan sebelumnya, namun tidak jelas kelanjutannya,” ujar Presidium PNPK Adhie M Massardi pada Kamis, 6 Januari 2022.

Dugaan-dugaan kasus terebut di antaranya RS Sumber Waras, lahan di Taman BMW, lahan Cengkareng Barat, dana CSR, reklamasi teluk Jakarta, dana non-budgeter dan penggusuran.

Baca Juga: Medina Zein Jadi Tersangka, Marissya Icha Dilaporkan Balik

"Kalau kasus korupsinya Ahok ini sudah di sini. Paling gampang. Kenapa paling gampang? Karena dari teman-teman di KPK tuh tinggal mengeluarkan dari freezer kemudian di taruh microwave 5-10 menit sudah bisa disantap. Jadi sudah siap saji," ujar Adhie M Massardi.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X