• Rabu, 29 Juni 2022

Waspada, Penularan Omicron Ternyata Bisa Lewat Transmisi Lokal, Bukan hanya karena Perjalanan Luar Negeri

- Selasa, 28 Desember 2021 | 17:33 WIB
Dr.Saiti Nadia Tarmizi (Screenshot Kanal YouTube IDI Surabaya)
Dr.Saiti Nadia Tarmizi (Screenshot Kanal YouTube IDI Surabaya)

 

KLIKANGGARAN – Penularan atau transmisi varian Omicron ternyata bukan hanya karena perjalanan luar negeri, tetapi bisa karena transmisi lokal. Artinya orang yang tidak punya riwayat perjalanan luar negeri bisa terpapar varian Omicron.

Kepastian transmisi lokal varian Omicron tersebut diungkapkan Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, saat konferensi pers virtual Selasa (28/12/2021).

Nadia Tarmidzi mengungkapkan, sejauh ini baru satu kasus Omicron karena transmisi lokal dari 46 kasus Omicron di Indonesia.

“Yang terbaru adalah kasus laki-laki usia 37 tahun, tidak ada riwayat perjalanan keluar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri,” kata Nadia.

Baca Juga: Lesti Lahiran, Billar Gemetar Balas Komentar Netizen, Kenapa Ya?

Pasien yang positif Omicron karena transmisi lokal dan istrinya itu tinggal di Medan dan satu bulan sekali ke Jakarta.

Berdasarkan data yang ada, mereka tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021 dan pada 17 Desember sempat berkunjung ke salah satu restoran di kawasan Sudirman Central Business Districk (SCBD), Jakarta Selatan.

Kemudian pada 19 Desember 2021 melakukan saat akan kembali ke Medan mereka melakukan tes antigen dan dinyatakan positif.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X