• Minggu, 23 Januari 2022

Gunung Semeru Meletus, Jokowi: Keselamatan Rakyat adalah Hukum Tertinggi

- Minggu, 5 Desember 2021 | 12:44 WIB
BNPB bergerak cepat penanganan bencana alam Gunung Semeru (Dok.bnpb.go.id)
BNPB bergerak cepat penanganan bencana alam Gunung Semeru (Dok.bnpb.go.id)

KLIKANGGARAN – Bencana non alam berupa pandemi Covid-19 masih membelenggu Indonesia. Menyusul bencana alam, pada Sabtu kemaren, 4 November 2021, Gunung Semeru meletus.

Hingga siaran pers diturunkan BNPB pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Visual Gunung Semeru masih tertutup kabut disertai hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu, kerugian materil dan dampak lainnya dari erupsi Gunung Semeru masih dalam pendataan.

Sebelumnya, pada Kamis (3/12), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, meninjau langsung penanganan erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: SKB CPNS Luwu Utara Resmi Berakhir, Sepasang Suami Istri Raih Nilai Tertinggi Kedua

Doni ingin memastikan, pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dapat dilakukan secara maksimal. Oleh sebab itu, Doni yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 meminta agar manajemen penanganan, baik untuk erupsi Semeru maupun penanganan pengungsian dapat terlaksana dengan baik.

“Manajemen untuk penanganan di pengungsian harus betul-betul terlaksana dengan baik,” ujar Doni.

Dari Surabaya, Doni beserta rombongan langsung menuju Pos Pantau Gunung Sawur untuk melihat perkembangan aktivitas Gunung Semeru dari hasil monitoring yang dilakukan oleh tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunungapi (PVMBG).

Usai mendapat penjelasan dan data dari Pos Pantau, Kepala BNPB yang juga didampingi oleh Anggota Komisi VIII DPR M. Ali Taher, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq bergegas meninjau Curah Koboan untuk meninjau kondisi wilayah yang terdampak guguran lahar panas dari aktivitas Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nitizen Mencari Akun Istri Ganjar Pranowo, Kenapa ya?

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:50 WIB

Gempa Bumi Sulut dengan Magnitudo sebesar 6.1

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:46 WIB
X