• Minggu, 23 Januari 2022

Status Gunung Semeru Level II, Ini Rekomendasi BPNB

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:13 WIB
Rekomendasi BNPB untuk masyarakat sekitar Gunung Semeru (Dok.bnpb.go.id)
Rekomendasi BNPB untuk masyarakat sekitar Gunung Semeru (Dok.bnpb.go.id)

KLIKANGGARAN – Hari ini langit mendung sedari waktu Subuh. Cuaca ini disusul kabar mendung pula dari Jawa Timur, Gunung Semeru erupsi.

Gunung Semeru mengalami guguran awan panas dan hujan abu vulkanik cukup tebal. Dilaporkan situasi dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, masih gelap gulita hingga Sabtu sore.

Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, membagikan sejumlah video kejadian erupsi Gunung Semeru tersebut pada masyarakat.

Abdul Muhari, Ph.D., Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, melaporkan, saat ini Gunung Semeru berada pada status level II atau ‘waspada’. Berikut rekomendasi dan arahan dari BNPB:

Baca Juga: Bupati PALI Berikan Penghargaan Kepada Polres PALI Berhasil Ungkap Kasus Curat

Pertama, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan.

Masyarakat agar mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Kedua, masyarakat diharap menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Baca Juga: Luwu Utara Susun SOP Penanganan Korban Kekerasan Perempuan dan Anak

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nitizen Mencari Akun Istri Ganjar Pranowo, Kenapa ya?

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:50 WIB

Gempa Bumi Sulut dengan Magnitudo sebesar 6.1

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:46 WIB
X