• Senin, 23 Mei 2022

Proses Transisi Energi Jokowi, CERI: Pembangkit 35.000 MW adalah Program Ambisius?

- Senin, 22 November 2021 | 16:07 WIB
Presiden Jokowi meminta untuk segera dibuat road map transisi energi (Dok.pikiranrakyat.com)
Presiden Jokowi meminta untuk segera dibuat road map transisi energi (Dok.pikiranrakyat.com)

KLIKANGGARAN – Seperti diketahui, dalam satu kesempatan Presiden Jokowi memberikan pengarahan di depan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Pengarahan Presiden Jokowi tersebut hanya dihadiri oleh Mensesneg, Menteri BUMN, Menteri Investasi, dan BKP.

Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi meminta untuk segera membuat road map transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan.

Dengan tegas Presiden Jokowi mengatakan, jika kita cepat melakukan tahapan transisi dengan benar dan menggunakan tehnologi yang tepat dan efisien, maka kita akan beruntung.

Baca Juga: MAKI Sumsel Bakal Laporkan Dugaan Korupsi Pekerjaan Jalan Kerengak

Menurut Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, kekhawatiran Presiden sangat beralasan.

“Berdasarkan kesepakatan kepala negara G20 di Roma dan pertemuan KTT perubahan iklim PBB, COP 26 di Glasgow Inggris, untuk mencegah peningkatan suhu bumi dengan mengurangi emisi karbon akibat pembakaran energi fosil dan perusakan hutan," ungkap Yusri Usman pada media, Senin, 22 November 2021 di Medan.

Presiden mengatakan, Indonesia memiliki peran penting dan strategis dalam penanganan perubahan iklim global. Karena Indonesia adalah negara mempunyai hutan tropis dan mangrove terbesar di dunia.

Arahan Presiden Jokowi tersebut diedarkan oleh Sekretariat Presiden pada hari Sabtu 20 November 2021 dalam kanal Youtube.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X