• Jumat, 30 September 2022

Mengejutkan! Ini Pesan Menkeu Dalam Peringati Hari Bea dan Cukai 75 Tahun

- Senin, 4 Oktober 2021 | 19:42 WIB
Menkeu, Sri Mulyani (dok. Kemenkeu)
Menkeu, Sri Mulyani (dok. Kemenkeu)

Jakarta, Klikanggaran.com – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengingatkan bahwa reformasi adalah tugas terus-menerus yang harus terus diemban dan dipelihara.

Menkeu menyampaikan hal itu mengingat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) kini berada pada usia 75 tahun.

“Sebagai sebuah organisasi yang ada di garis depan, DJBC harus terus memperbaiki diri. Pertama, di bidang penguatan integritas dan kelembagaan. Kedua, terus memperbaiki pelayanan dan pemeriksaan. Ketiga, mencegah dan melakukan penindakan yang efektif. Dan keempat, menjaga penerimaan negara dan mendukung perekonomian secara optimal,” ujar Menkeu, saat menyampaikan arahan pada acara Apel Khusus Peringatan Hari Bea dan Cukai ke-75, secara virtual pada Sabtu (02/10).

Baca Juga: Masyarakat Desa Dawuhan Serbu Vaksin Sinovac

Menkeu juga berharap agar DJBC harus terus mampu merekrut jajaran terbaik dari seluruh Indonesia, dan kemudian orang-orang terbaik ini terus dibina sehingga mereka menjadi jajaran profesional, berintegritas dan selalu bisa diandalkan serta dipercaya.

Dalam melakukan reformasi, Menkeu menekankan bahwa DJBC harus bekerjasama secara erat dengan unit-unit lain di Kementerian Keuangan. Menurut Menkeu, kolaborasi dan sinergi adalah suatu keharusan dan menjadi strategi yang tidak bisa dipisahkan untuk mencapai tujuan serta visi misi bersama.

“DJBC harus juga mampu bekerja dengan Kementerian/Lembaga yang lain. Teruslah bekerja sama dalam ekosistem dengan para pemangku kepentingan yang lain. Dilakukan secara penuh tanggungjawab dan gunakan teknologi informasi untuk membantu kinerja dan juga menciptakan pelayanan yang reliable, cepat, dan bisa dipercaya," jelas Menkeu.

Baca Juga: Kabar Gembira, Situasi Membaik, Bioskop Dibuka 50% . Kota Blitar Uji Coba PPKM Level 1 atau Aktivitas Normal

Untuk tahun 2021 ini, Menkeu berharap target penerimaan negara bisa dicapai meskipun dengan target pertumbuhan yang cukup menantang. Namun, dengan melihat degup pemulihan ekonomi yang saat ini tengah berlangsung, Menkeu percaya bahwa hal itu bisa dicapai oleh seluruh jajaran DJBC.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X