• Senin, 18 Oktober 2021

Bupati Banjarnegara Yang Bilang Kepala Daerah Harus Korupsi Terancam Pasal TPPU

- Jumat, 24 September 2021 | 13:52 WIB
Bupati Banjarnegara tersagka korupsi (Klikanggaran/dodibudiana)
Bupati Banjarnegara tersagka korupsi (Klikanggaran/dodibudiana)


Jakarta, Klikanggaran.com-- Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono yang sempat kontroversial lantaran membeberkan gajinya yang kecil kepada publik beberapa waktu lalu, terancam akan dikenakan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh KPK.

Menurut KPK, penjeratan degan pasal pencucian uang dimungkinkan jika ditemukan adanya penyamaran aset hasil korupsi oleh Budhi.

"Penerapan pasal lain (TPPU) dimungkinkan sepanjang ada kecukupan bukti," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (23/9) seperti dilansir dari Merdeka.com.

Baca Juga: Kajari Batang Hari Sugih Carvallo Jaga Marwah Kejaksaan di Mana Saja Berada

Pada LHKPN milik Budhi yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Budhi hanya memiliki dua bidang tanah dan bangunan tanpa alat transportasi. Padahal, Budhi pernah memamerkan Mobil Jeep Rubicon. Meski dia menyebut mobil itu bukan miliknya.

Jubir KPK, Ali Fikri memastikan tim penyidik akan menelusuri aset-aset yang dimiliki Budhi dengan meminta keterangan pihak terkait.

"Kami telusuri dan dalami lebih lanjut hubungannya dengan tersangka. Termasuk soal harta kekayaan yang dimiliki tersangka," ujarnya.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Gelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 1

Untuk diketahui, Budhi tercatat hanya memiliki harta sebesar Rp 23,8 miliar. Jumlah tersebut dilihat dari laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan Budhi pada 25 Januari 2021.

Editor: Insan Purnama

Sumber: Merdeka.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X