• Selasa, 21 September 2021

Bupati Batanghari Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Relokasi Warga Orang Kayo Hitam

- Rabu, 15 September 2021 | 19:42 WIB
Bupati Batanghari Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Relokasi Warga Orang Kayo Hitam (Klikanggaran/Anuza An)
Bupati Batanghari Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Relokasi Warga Orang Kayo Hitam (Klikanggaran/Anuza An)

Batanghari, Klikanggaran.com - Bupati Batanghari Muhamad Fadhil Arief (MFA) Rabu (15-09-2021) melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah khusus relokasi warga Jalan Orang Kayo Hitam Kelurahan Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

Relokasi tersebut dibangun karena terjadi bencana alam abrasi Sungai Batanghari yang terus mengancam pemukiman padat penduduk di Lorong Orang Kayo Hitam, Kelurahan Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Bupati Batanghari MFA mengatakan relokasi penduduk yang dibangun ini adalah program rumah khusus dari Dirjen Penyediaan Rumah Kementerian PUPR melalui Balai Perumahan Jambi. 

"Untuk tahun ini baru dapat terialisasi sebanyak 30 unit, dan fasilitas akan kita lengkapi semuanya, insya Allah selesai akhir November, sambil kita memperjuangkan saudara kita sebanyak 72 unit rumah yang masih menunggu untuk dilakukan relokasi," kata Bupati.

Baca Juga: Seleksi Asisten Komisioner KASN Memasuki Tahap Asesmen

Pemkab Batanghari berupaya tahun depan bisa sekaligus merelokasi terhadap 72 KK (Kepala Keluarga). Tapi kalau pun tidak bisa, kata MFA, relokasi penduduk lainnya dilaksanakan tahun selanjutnya.

"Warga memang mendesak untuk di relokasi karena sudah menyangkut nyawa mereka. Untuk 30 unit rumah ini, benar-benar yang rentan, dan riskan yang dipinggir sungai," tambahnya.

Dikatakan MFA, Disamping membangun rumah kita juga akan membangun fasilitas - fasilitas umum, seperti Musolah atau Masjid dan tempat bermain anak-anak serta ruang terbuka hijau. Juga akan kita pikirkan bagaimana usaha kedepannya sehingga bisa menghasilkan suatu ekonomi untuk keluarganya.

"Punya rumah bagus, penghasilan (duit) dak ado, mati penghunyo, jadi perlu kito seimbangankan," pungkas Bupati dengan ciri khas logat dan tawanya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X