• Selasa, 21 September 2021

Mengapa Keluarga Penerima PKH Tidak lagi Mendapatkan Bantuan? Ini Penjelasan Kadis Sosial Batanghari

- Selasa, 14 September 2021 | 21:12 WIB
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari Fauzan Azhari, SE, MM  (Klikanggaran/Anuza An)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari Fauzan Azhari, SE, MM (Klikanggaran/Anuza An)

Batanghari, Klikangggaran.com - Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan layanan kesehatan dan layanan pendidikan yang tersedia disekitar mereka.

Dalam kenyataannya dilapangan masih banyak ditemukan bantuan sosial tersebut tidak tepat sasaran dan yang ditetapkan sebagai keluarga penerima PKH, dan pemilik kartu PKH tidak mendapatkan bantuan. Lalu kenapa persoalan ini bisa terjadi?

Baca Juga: Batubara Emas Hitam jadi Dilema di Masyarakat, Konglomerat Kapan Mikir Buat Jalan Khusus

Terkait dengan penerimaan bantuan PKH tersebut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari Fauzan Azhari, SE, MM saat dikonfirmasi Selasa (14-09-2021) di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa didalam program PKH tersebut terdapat beberapa komponen jenis bantuan yang diterima.

Fauzan mengatakan, jika penerima bantuan PKH tidak mendapatkan bantuan dikarenakan masalah administrasi kependudukan, namun ini bukan kewenangan kita, kita telah melakukan perbaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). 

Jika penerima PKH kemudian dia tidak menerima bantuan lagi, kemudian komponen bantuan yang diterima sudah habis. Komponen yang dimaksud seperti ibu hamil, anak sekolah, disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Baca Juga: Seorang Warga Tenggelam Saat Berenang di Pantai Ayah, Kebumen. Korban belum Ditemukan

"Kalau salah satu komponen sudah habis maka secara otomatis bantuan PKH tersebut hilang," jelas Fauzan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X