• Kamis, 11 Agustus 2022

Aset PT KAI (Persero) Yang Dikuasai Pihak Ke-3 Dikembalikan ke Daop 5 Purwokerto

- Senin, 13 September 2021 | 20:06 WIB
Penyerahan aset PT KAI Daop 5 Purwokerto yang selama ini dikuasai pihak ketiga (Nanang AN)
Penyerahan aset PT KAI Daop 5 Purwokerto yang selama ini dikuasai pihak ketiga (Nanang AN)

 

Purwokerto, Klikanggaraan.Com --PT KAI Daerah Operasi (DAOP) 5 Purwokerto mulai menerima hasil positif dari kerja sama yang dibangun dengan Kejaksaan Negeri Purwokerto dalam melakukan pengembalian aset PT KAI yang dikuasi pihak ketiga

Senin (13/09/2021) PT KAI Daop 5 Purwokerto menerima pengembalian sejumlah aset miliknya yang sebelumnya dikuasai pihak ketiga.

Aset yang dikembalikan, berupa sertifikat HGB di atas HPL No. 23, 24, 25 Tahun 2006. Selain itu, juga penitipan uang sewa aset sebagai tindak lanjut Penyidikan Perkara Dugaan Tindak Pidana Penyimpangan Pemanfaatan Lahan Milik PT KAI (Persero) di Kabupaten Banyumas.

Uang sewa yang diserahkan, terdiri dari pembayaran kekurangan pembayaran uang sewa periode perjanjian tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 sebesar Rp 376.056.700, dan pembayaran uang sewa tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 sebesar 3.488.766.599.

Bersamaan dengan uang sewa tersebut, juga diserahkan sertifikat HGB atas nama Ernawati sebanyak 5 (lima) eksemplar , yang untuk selanjutnya akan dilakukan pelepasan atau penanggalan hak dari yang bersangkutan.

''Penitipan uang dan sertifikat tersebut merupakan pengembalian kerugian keuangan negara cq PT KAI (Persero) sebagai hasil penyidikan Kejaksaan Negeri Purwokerto. Dalam permasalahan yang ada, KAI telah menjadi korban karena tidak mendapatkan hak yang semestinya sejak tahun 2012,'' jelas Vice Presiden Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ganjar Pranowo, Seorang Siswi SMP Diberi Hadiah Laptop

Atas pengembalian tersebut, Joko menyampaikan terima kasih pada semua pihak khususnya Kejaksaan Negeri Purwokerto yang telah membantu PT KAI untuk mempertahankan aset yang notabene merupakan aset negara.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X