Begini Lho Peranan Fotografi dalam Proses Produksi Sebuah Film

- Minggu, 13 November 2022 | 14:22 WIB
Rahmat Boy Sopingi sedang menyampaikan materi dalam acara Photography Talk dan Pengumuman Pemenang Lomba Fotografi 2022 IKA PMII DKI Jakarta (Klikanggaran/Ist.)
Rahmat Boy Sopingi sedang menyampaikan materi dalam acara Photography Talk dan Pengumuman Pemenang Lomba Fotografi 2022 IKA PMII DKI Jakarta (Klikanggaran/Ist.)

KLIKANGGARAN -- Rahmat "Boy" Sopingi, yang pernah bermain sebagai Jin Kentang dalam sinetron "Tuyul dan Mbak Yul", menjelaskan posisi fotografi dalam produksi sebuah film.

Pendapatnya disampaikan dalam acara "Photography Talk dan Pengumuman Pemenang Lomba Fotografi 2022 yang diselenggarakan PW IKA PMII DKI Jakarta.

Menurut Rahmat, dulu fotografi berperan untuk me-record apa-apa saja dalam scene yang jumping dan akan kembali ke scene tersebut. Jadi, fungsi continuity fotografi dalam film.

"Scene yang jumping, dipotret, misalnya susunan atau komposisi properti yang dipakai, atau kostum pemain, nanti kalau balik ke adegan itu, ya, dilihat hasil pemotretannya," kata Boy, panggilan akrabnya.

Selain itu, poster-poster film untuk promosi masih sangat memerlukan fotografi untuk menarik calon penonton film yang diproduksi.

Katakan, misalnya, tempat shooting yang dipotret atau cara sebuah adegan direkayasa, bisa dijadikan promosi melalui media sosial.

"Behind The Scene (BTS) akan bikin penasaran calon penasaran. Nah, itu menjadi daya tarik tersendiri," kata Rahmat.

Para narasumber dalam acara Photography Talk IKA PMII DKI Jakarta tersebut adalah Rahmat "Boy" Sopingi, Granito Ibrahim, dan Joko Dolok.

Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia DKI Jakarta (IKA PMII DKI Jakarta) menggelar acara "Photography Talk dan Penggumuman Pemenang Lomba Fotografi Tahun 2022", Sabtu, 12 NOvember 2022, di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merevitalisasi Petilasan Keraton Pajang

Senin, 16 Januari 2023 | 20:19 WIB

Guru Amin: Ulama Betawi dan Pejuang Kemerdekaan

Minggu, 25 September 2022 | 16:07 WIB
X