• Jumat, 1 Juli 2022

Mengapa Hari Guru Nasional pada Tanggal 25 November?

- Selasa, 23 November 2021 | 10:57 WIB
Ilustrasi: guru mengajar (dok. gurukreatif.com)
Ilustrasi: guru mengajar (dok. gurukreatif.com)

KLIKANGGARAN--Guru merupakan peran yang sangat penting dalam kemajuan negara. Setiap negara memiliki hari guru yang berbeda-beda waktunya. Secara serempak seluruh dunia memperingati hari guru setiap tanggal 5 Oktober. Jika di Indonesia, hari guru diperingati setiap tanggal 25 November.

Mengapa pada tanggal 25 November diperingati hari guru? Menurut sejarah pada tanggal 24-25 November 1945 diadakan kongres Guru Indonesia di Kota Surakarta.

Melalui kongres ini organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan seperti pendidikan, agama, dan sebagainya sepakat dihapuskan. Sehingga disepakati bahwa tanggal 25 November sebagai pembentukan Hari Guru Republik Indonesia atau disingkat menjadi PGRI.

Perjuangan para guru tetap terlihat di tengah bau mesiu pemboman oleh tentara Inggris atas studio Radio Republik Indonesia di Surakarta.

Baca Juga: Tangkap Satu Tersangka Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir, Notaris Erwin Riduan Buron dan sudah Masuk DPO

Bahkan mereka bersama dan Bersatu untuk mengisi kemerdekaan dengan tiga tujuan, yakni : mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia, memperingati tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan, membela hak & kewajiban buruh umumnya, guru pada khususnya.

Kongres tersebut, PGRI menyatakan kesetiaannya dalam pengabdian sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat unitaristik, independen, dan non-partai politik.

Sejak masa itu, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Baca Juga: Ketika Nessie Diselingkuhi Bram, Pelajaran yang Didapat dari Apa yang Dialami Nessie

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB

Pesantren Kilat: Singkat, tetapi Bermakna

Kamis, 9 Juni 2022 | 15:30 WIB
X