• Jumat, 30 September 2022

Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Pembatasan Operasional Kendaraan Barang Pengaturan Kendaran Barang, Isinya?

- Minggu, 10 April 2022 | 20:55 WIB
Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Pembatasan Operasional Kendaraan Barang (Instagram/@satlantasringsewu14)
Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Pembatasan Operasional Kendaraan Barang (Instagram/@satlantasringsewu14)

KLIKANGGARAN -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 40 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Selama Angkutan Lebaran tahun 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, SE tersebut diterbitkan dalam rangka mengoptimalkan pergerakan arus lalu lintas saat Idul Fitri 1443 H.

Dilansir dari kanal YouTube Kementerian Perhubungan RI, Budi menjelaskan, SE pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg, mobil barang dengan sumbu 3 (tiga) atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, dan kereta gandengan; dan mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian meliputi tanah, pasir, dan/atau batu, bahan tambang, dan bahan bangunan.

Baca Juga: Kenapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manis-manis? Simak Penjelasan Ilmiahnya!

Ia mengatakan, pengaturan pembatasan operasional angkutan barang berlaku untuk Ruas Jalan Tol dan Ruas Jalan Non Tol (Jalan Nasional).

Dengan waktu pemberlakuan untuk arus mudik pada Kamis, 28 April 2022 pukul 00.00 WIB sampai dengan Hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 12.00 WIB dan arus balik hari Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 00.00 WIB sampai dengan Hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 12.00 WIB.

Namun demikian, pengaturan operasional angkutan barang ini tidak berlaku bagi beberapa jenis kendaraan angkutan barang dengan muatan tertentu.

Baca Juga: Nita Gunawan Klarifikasi Terkait Berita Miring Jadi Selingkuhan Raffi Ahmad, Bagaimana Reaksi Nagita Slavina?

Seperti diketahui, Pemerintah telah memutuskan libur dan cuti bersama Lebaran 2022. Hal ini disampaikan Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X